Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Asasuddin Setyaji , 7350406522
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2015-04-25 07:58:47
Abstract :
Iklan menjadi suatu pilihan yang menarik, disamping sebagai sumber informasi,
iklan juga sebagai media hiburan dan media komunikasi yang efektif terutama jika
menggunakan media televisi. Banyaknya produk kendaraan bermotor yang
bermunculan dengan berbagai promosi melalui iklan yang ditampilkan di televisi,
maka perusahaan harus bisa menarik konsumen melalui iklan-iklan yang ditampilkan.
Salah satunya adalah produk kendaraan bermotor Yamaha yang menampilkan iklan
yang menarik. Dalam kasus ini iklan yang ditampilkan produk kendaraan bermotor
sudah menarik namun minat beli masyarakat kurang. Masalah yang dikaji dalam
penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan antara variabel pesan iklan
terhadap pengenalan merek, kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli
secara langsung terhadap masyarakat kecamatan Kendal Kota. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh pesan iklan
terhadap pengenalan merek, kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli
secara langsung terhadap masyarakat kecamatan Kendal Kota.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Kendal Kota yang
memiliki pekerjaan sebanyak 27.559 orang. Sampel sebanyak 100 orang ditentukan
dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pesan iklan, dan variabel terikat
pengenalan merek, kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli. Teknik
analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dari paket software
AMOS 16 dan uji intrumen.
Hasil penelitian uji analisis konfirmatori dan uji kelayakan full model dianalisis
menggunakan SEM dari Goodness of Fit didapat nilai Chi square = 174,314;
probabilitas = 0,258; GFI = 0,879; AGFI = 0,844; CFI = 0,992; TLI = 0,990; RMSEA
= 0,024; CMIN / DF = 1,069, berdasarkan hasil tersebut maka model memenuhi
Goodness of fit index, sehingga dapat dikatakan model penelitian ini layak untuk
digunakan. Variabel intervening memenuhi syarat diterima yaitu pengaruh langsung
= 0,293 < nilai P total pengaruh langsung dan tidak langsung pesan iklan terhadap
pengenalan merek dan sikap konsumen = 0,413 > pengaruh tidak langsung = 0,120
dan pengaruh langsung = 0,236 < nilai P total pengaruh langsung pesan iklan
terhadap pengenalan merek dan keyakinan konsumen = 0,322 > pengaruh tidak
langsung = 0,087. Pengujian atas hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa ke
tujuh hipotesis telah memenuhi syarat diterima yaitu nilai CR> 2 dengan Probability
< 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Simpulan dari penelitian ini adalah pesan iklan produk kendaraan bermotor
Yamaha, memberikan pengaruh positif signifikan pada pengenalan merek,
kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli dan pesan iklan berpengaruh
langsung terhadap sikap konsumen dan keyakinan konsumen tanpa melalui
pengenalan merek. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah produsen
kendaraan bermotor hendaknya untuk lebih meningkatkan kualitas pesan iklan yang
disampaikan kepada calon konsumen atau konsumen sehingga diharapkan dapat
meningkatkan niat beli konsumen.