Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Rizal Hidayat , 1402407169
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2015-04-25 07:58:50
Abstract :
Pelajaran bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal yang
diajarkan di sekolah dasar di daerah Jawa Tengah. Berdasarkan data awal yang
didapatkan melalui observasi di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 kecamatan
Semarang barat kota Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran
bahasa Jawa. Belum maksimalnya guru dalam menggunakan 8 keterampilan
mengajar berdampak pada ketidakmaksimalan aktivitas siswa, selain itu
kurangnya variasi dan inovasi dalam pembelajaran membuat siswa melakukan
aktivitas yang tidak sesuai dengan pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada
keterampilan menulis aksara jawa siswa. Metode Mind map bisa membantu siswa
dalam pembelajaran dan membuat siswa menjadi lebih aktif. Metode Mind Map
(peta pikiran) sangat cocok diterapkan pada siswa sekolah dasar, hal itu
dikarenakan metode ini mampu mengajarkan siswa bagaimana cara mencatat yang
disukai dan sesuai dengan karakter siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keterampilan guru dalam
pembelajaran menulis aksara Jawa dengan menggunakan metode Mind Map (peta
pikiran). (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis aksara Jawa dengan
menggunakan metode Mind Map (peta pikiran). (3) meningkatkan keterampilan
menulis aksara Jawa siswa kelas IV dengan menggunakan metode Mind Map
(peta pikiran).
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kels IV SDN Kalibanteng
Kidul 01 kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes,
observasi, dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind Map (peta pikiran)
dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan
keterampilan menulis siswa dalam menulis aksara Jawa. Presentase ketuntasan
klasikal siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 74,5%, siklus 2 sebesar 90,35 %.
Adapun simpulan dari penelitian ini adalah metode Mind Map (peta
pikiran) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan
menulis siswa kelas IV. Manfaat dari penelitian ini adalah agar penelitian ini
dapat dijadiikan landasan dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa supaya
kualitas pembelajaran bahasa Jawa dapat meningkat dan meningkatkan motivasi,
minat, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mempelajari bahasa Jawa,
khususnya menulis aksara Jawa. Saran yang disampaikan adalah guru hendaknya
menggunakan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang dapat
membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif.