Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
M. Qurotul Aein , 1401909109
Subject
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Datestamp
2015-04-25 07:59:12
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran masih didominasi oleh
guru. Siswa disuruh membaca kembali materi yang ada di LKS dan siswa disuruh
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di LKS setelah itu proses belajar
mengajar selesai. Aktifitas siswa cenderung pasif dan prestasi belajar siswa kelas IV
masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah
yaitu (65). Nilai terendah yaitu 30 dan nilai tertinggi yaitu 80, siswa yang tuntas sebanyak
9 siswa dengan presentase 29% dan yang belum tuntas 22 siswa dengan presentase
70,96% dari jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu 31. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah : a) Apakah pendekatan kooperatif tipe jigsaw berbasis realistik
dapat meningkatkan keterampilan guru pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Wonosari
03?. b) Apakah pendekatan kooperatif tipe jigsaw berbasis realistik dapat meningkatkan
interaksi pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri Wonosari 03?. c) Apakah pendekatan
kooperatif tipe jigsaw berbasis realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
SDN Wonosari 03?. Penelitian ini bertujuan : Meningkatkan keterampilan guru dalam
upaya meningkatkan interaksi pembelajaran, Meningkatkan interaksi pembelajaran dan
meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus.
Dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas IV SDN Wonosari 03. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik tes,
observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru pada siklus I pertemuan 2
mendapat skor 20,presentase 56.25%, kategori baik. siklus II pertemuan 2 mendapat skor
26, presentase 81.2%, kategori baik. Sedangkan pada siklus III keterampilan guru
mendapat skor 28, presentase 87.5%, kategori sangat baik. Interaksi pembelajaran siklus I
pertemuan 2 mendapat skor 45, presentase 75% rata-rata 2,6 dengan kategori baik.
Interaksi pembelajaran pada siklus II pertemuan ke 2 mendapat skor 52, presentase 86%
rata-rata 3 kategori baik. Siklus III interaksi pembelajaran mendapat skor 55, presentase
91,6% rata-rata 3,2 kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siklus I pertemuan ke 2
yang mengalami ketuntasan sebanyak 51,61% atau 15 siswa sedangkan yang belum
tuntas 48,38% atau 15 siswa. Pada siklus II pada pertemuan 2 yang tuntas sebanyak
64,51% atau 20 siswa dan 35,48% atau 11 siswa belun tuntas. Pada siklus III yang
mengalami ketuntasan sebanyak 87,09% atau 27 siswa dan yang belum tuntas sebanyak
12,90% atau 4 siswa. Pelaksanaan penelitian ini adalah Pendekatan Koopertif Tipe
Jigsaw berbasis realistik dapat meningkatkan keterampilan guru, interaksi pembelajaran,
dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wonosari 03. Saran dalam penelitian ini. Guru lebih
banyak membaca dan mencari inovasi model pembelajaran agar dapat meningkatkan
keterampilan guru dan hasil pembelajaran dapat meningkat. Siswa jangan sungkansungkan
bertanya, malu atau takut bertanya kepada guru apabila terdapat kesulitan dalam
memahami materi pelajaran. Sekolah memfasilitasi yang dapat menunjang pembelajaran,
seperti media, alat peraga, laboratorium sumber belajar dan dapat memberikan
kenyamanan dalam pembelajaran.