Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Arief Eko Nugroho , 6101406505
Subject
Education, Training, Research
Datestamp
2015-04-25 07:59:30
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa di SMP N I Lebaksiu
tidak tersedianya lapangan sepakbola, alat dan fasilitas yang digunakan tidak
sesuai dengan tahap pertumbuhan, dan perkembangan siswa, peraturan yang
digunakan sesuai dengan peraturan yang sebenarnya. Sehingga diketahui ada
beberapa siswa putra yang masih pasif dalam mengikuti pembelajaran sepakbola.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk
modifikasi permainan sepakbola yang sesuai dengan karakteristik siswa SMP N I
Lebaksiu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model
pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola empat gawang bagi siswa
SMP dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu
pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1)
melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk
observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal
(berupa model permainan sepakbola empat gawang), (3) evaluasi para ahli dengan
menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok
kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis,
(4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan
uji kelompok kecil (20 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap
produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (160 siswa), (6) revisi
produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model
pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola empat gawang bagi siswa
putra SMP N I Lebaksiu yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari
evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil
(20 siswa putra SMP Al Uswah Gunungpati), dan uji lapangan (159 siswa putra
SMP N I Lebaksiu). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran
untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis
data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek
kognitif, psikomotor, dan afektif setelah menggunakan produk.
Dari hasil uji coba diperoleh data dari evaluasi ahli penjas yaitu, ahli
penjas 91,6 % (sangat baik), ahli pembelajaran I 85 % (baik), ahli pembelajaran II
86,6 % (baik), uji coba kelompok kecil 84,80 % (baik), uji lapangan 82,55 %
(baik). Dari data yang ada maka disimpulkan bahwa model pembelajaran
sepakbola melalui permainan sepakbola empat gawang dapat digunakan pada
siswa putra SMP N I Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru Penjas di SMP
untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola melalui permainan
sepakbola empat gawang pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan.