DETAIL DOCUMENT
Pengembangan model pembelajaran sepakbola empat gawang dalam Penjasorkes melalui kajian lahan atau kebun kosong bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara 2010/2011
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Samian , 6102909143
Subject
Education, Training, Research 
Datestamp
2015-04-25 07:59:36 
Abstract :
Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pengembangan pembelajaran sepakbola empat gawang bagi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bagaimana model pembelajaran sepakbola empat gawang dalam Penjasorkes melalui kajian lahan atau kebun kosong bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara 2010/2011. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan sepakbola mini empat gawang), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil ( 12 siswa . Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan ( 32 siswa ), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran sepakbola bagi siswa SD Negeri 2 Krasakk di Kecamatan Bangsri yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjasorkes dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (12 siswa Kelas atas SD Negeri 2 Krasak), dan uji lapangan (32 siswa SD Negeri 2 Krasak). Dari hasil ujicoba diperoleh data evaluasi ahli, satu ahli penjas diperoleh hasil 84% (baik), ahli pembelajarn I di peoleh hasil 80% (baik) dah ahli pembelajaran II di peroleh hasil 97% (sangat baik) .Data uji skala kecil hasil kusioner siswa diperoleh hasil jawaban 90,33% (sangat baik). Data hasil uji lapangan diperoleh hasil 93,44% (sangat baik) Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dan pengembangan sepakbola empat gawang dapat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara . Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjasorkes Sekolah Dasar untuk mengunakan produk model pembelajaran Sepakbola empat gawang ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan . 

File :
6442.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang