Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Eni Sugiarti , 1402908233
Subject
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Datestamp
2011-12-06 08:18:18
Abstract :
Sugiarti, Eni. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Mengenai Perpindahan Energi
Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Negeri 01 Kandang. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing I: Drs. Daroni ,M.P,d; 2. Drs. Utoyo. 145 halaman.
Kata Kunci: Metode Eksperimen Meningkatkan Prestasi Siswa
Melihat kenyataan yang ada, penggunaan metode eksperimen dalam pelaksanan proses
belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD Negeri 01 Kandang belum dilaksanakan
secara optimal. Hal ini disebabkan antara lain: Masih banyak guru di SD Negeri 01 Kandang
yang kurang memahami pentingnya metode eksperimen dalam proses belajar mengajar, dan
terbatasnya media atau alat peraga yang ada di SD Negeri 01 Kandang.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini
adalah?Bagaimana penggunaan metode eksperimen efektif untuk meningkatkan hasil belajar
Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang??
Penelitian ini mempunyai tujuan : meningkatkan prestasi dan motivsi belajar siswa, serta
meningkatkan performansi guru dalam penggunaan metode eksperimrn khususnya materi
perpindahan energi di SD Negeri 01 Kandang kecanatan Comal Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 01 Kandang Kecamatan Comal Kabupaten
Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 40
yang siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan dengan mengunaka dua
siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi.
Eksperimen tidak mutlak harus dilakukan oleh guru. Untuk eksperimen suatu pokok
bahasan yang tidak memerlukan suatu ketrampilan tinggi, sebaiknya eksperimen dilakukan oleh
siswa. Sehingga keterlibatan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar makin meningkat.
Dalam hal ini, guru hanya bertindak sebagai pemandu. Guru dapat menuliskan hasil-hasil
pengamatan selama proses eksperimen berlangsung. Pada akhirnya dengan dipandu guru, siswa
akan dapat menarik kesimpulan dari hasil pengamatan tadi.
Penelitian menggunakan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa khususnya materi perpindahan energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di
SD Negeri 01 Kandng Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan prestasi dan motivasi belajar serta meningkatkan performansi guru
khususnya materi perpindahan energ dalam pelajaran IPA di SD Negeri 01 Kandang dalam
penggunaan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan
metode eksperimen mengenai perpindahan energi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kandang
dapat meningkatkan prestasi belajar dan motivasi siswa dan meningkatkan performansi guru
dalam pembelajaran energi panas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan metode
eksperimen dalam pembelajaran khususnya materi perpindahan energi agar siswa tidak merasa
jenuh mengikuti pembelajaran.