DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN BACAAN SUATU TEKS DENGAN MEMBACA CEPAT MENGGUNAKAN POLA MEMBACA HORIZONTAL DAN MEDIA TEKS BERJALAN PADA SISWA KELAS SMP NEGERI 3 WATUKUMPUL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Riska Oktavia Purnamasari, 2101410029
Subject
PI1 Indonesia 
Datestamp
2018-03-28 14:30:47 
Abstract :
Membaca merupakan salah satu aspek kebahasaan untuk memperoleh informasi. Makin sering membaca, makin luas pula ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu pengetahuan yang luas dapat menjadi bekal seseorang agar dapat bertahan di era modern yang penuh dengan tantangan. Kurangnya motivasi, pemahaman pada isi bacaan, dan minat siswa pada pembelajaran menyimpulkan isi bacaan dengan membaca cepat 250 kpm mengakibatkan nilai pada pembelajaran membaca cepat 250 kpm kelas VIII C SMPN 3 Watukumpul masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana peningkatan keterampilan menyimpulkan isi bacaan suatu teks dengan membaca cepat dan perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Watukumpul setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat 250 kpm dengan pola membaca horizontal dan media teks berjalan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimpulkan isi bacaan suatu teks dengan membaca cepat dan perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Watukumpul setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat 250 kpm dengan pola membaca horizontal dan media teks berjalan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan teknik dan media dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimpulkan isi bacaan suatu teks dengan membaca cepat siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Watukumpul. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Watukumpul. Peneliti memperoleh data dari teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes pemahaman dan kesimpulan bacaan. Teknik nontes diperoleh dari observasi, wawancara, jurnal siswa, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimpulkan isi bacaan suatu teks dengan membaca cepat 250 kpm setelah menggunakanpola membaca horizontal dan media teks berjalan. Peningkatan ini dapat dilihat melalui hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Watukumpul melalui siklus I dan siklus II. Pada siklus I siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Watukumpul nilai rata-rata hanya mencapai 61% dengan kategori cukup. Dari jumlah 33 siswa, tidak satupun yang mendapat nilai 85-100 dengan kategori sangat baik. Sebanyak 2 siswa atau 6% dari jumlah siswa mencapai nilai 70-84 dengan kategori baik. Kategori cukup dengan nilai 60-69 dicapai oleh 25 siswa atau sebesar 76%. Kategori kurang dengan nilai 0-59 dicapai oleh 6 siswa atau sebesar 18%. Setelah dilakukan perbaikan, pada siklus II nilai rata-rata mencapai 71% atau pada kategori baik. Siswa pada kategori sangat baik dengan rentang nilai 85-100 sebanyak 1 siswa atau sebesar 3%, kategori baik dengan rentang nilai 70-84 sebanyak 22 siswa atau sebesar 67%, kategori cukup baik dengan rentang nilai 60-69 sebanyak 10 siswa atau sebesar 30%. Tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori kurang. Dari data tersebut nilairata-rata yang diperoleh padasiklus I sebesar 61%, sedangkan padasiklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 71%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari siklus I kesiklus II meningkat sebesar 10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk menggunakan pola membaca horizontal dan media teks berjalan dalam pembelajaran membaca cepat 250 kpm. Bagi praktisi pendidikan, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menyimpulkan isi bacaan suatu teks dengan membaca cepat 250 kpm dengan model, strategi, teknik, media atau metode yang lain agar memberikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Negeri Semarang