Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Santi Nurjanah , 1402908037
Subject
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Datestamp
2011-11-27 09:18:14
Abstract :
Nurjanah, Santi. 2010. Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas IV Dalam Menentukan Sifat-sifat Bangun
Ruang Sederhana Melalui Metode Demonstrasi di SD Negeri Dukuhbadag 01
Ketanggungan Brebes. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : 1. Drs. Yuli Witanto; 2. Ika
Ratnaningrum, S.Pd, M.Pd.
Kata kunci: Peningkatan Pemahaman, Sifat Bangun Ruang, Metode Demonstrasi.
Permasalahan penelitian adalah kegagalan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV SD Negeri
Dukuhbadag 01 Ketanggungan Brebes dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana tahun 2010.
Penyebab kegagalan belajar matematika selain disebabkan karena materinya sulit, juga karena guru belum
menemukan/menerapkan metode yang tepat agar siswa dapat dengan mudah memahami bahkan tertarik
dengan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru. Perumusan masalah dalam penelitian yang telah
dilaksanakan adalah bagaimana metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa, aktivitas
belajar siswa, dan meningkatkan performansi guru. Tujuan dari penelitian adalah dapat meningkatkan
hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru di SD Negeri Dukuhbadag 01
Ketanggungan Brebes. Metode yang digunakan peneliti dalam melaksanakan penelitian dengan
menggunakan metode demonstrasi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan
terhadap sampel siswa kelas IV SD Negeri Dukuhbadag 01 Ketanggungan Brebes, sebanyak 36 siswa.
Jumlah siswa laki-laki 15 siswa dan jumlah siswa perempuan 21. Alat Pengumpulan data yang digunakan
peneliti adalah observasi, tes formatif, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
selanjutnya dianalisis dengan rumus persentase skor ketercapaian dan rumus ketuntasan belajar klasikal
untuk mengolah data hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
ini diukur berdasarkan pada hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dalam
kegiatan pembelajaran khususnya pada pokok materi menentukan sifat- sifat bangun ruang sederhana
balok dan kubus. Hasil yang diperoleh peneliti pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di siklus I yakni
sebagai berikut jumlah skor maksimal yang diperoleh siswa 360, persentase skor ketercapaiannya adalah
80,5 %, dan jumlah ketuntasan belajar klasikal diperoleh hasil 92,2 %. Sedangkan hasil penelitian pada
tes akhir, untuk jumlah skor maksimal yang diperoleh siswa 360, persentase skor ketercapaiannya adalah
90,8 %, jumlah ketuntasan belajar klasikal diperoleh 92,6%. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah
penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pokok
menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa
dan performansi guru. Oleh karena itu dapat disarankan agar guru dalam memberikan pokok materi
menentukan sifat- sifat bangun ruang sederhana menggunakan alat peraga bangun ruang balok dan kubus,
serta penggunaan alat peraga tidak hanya diperagakan oleh guru, tetapi siswa juga ikut aktif
menggunakan atau memperagakannya.