Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Endang Wahyuni , 2301406018
Subject
Datestamp
2015-04-25 04:13:12
Abstract :
Bahasa Prancis mempunyai beragam ungkapan (expression) yang
digunakan dalam percakapan sehari-hari, di antaranya ungkapan pendapat
(expression de l?opinion). L?expression de l?opinion digunakan untuk
mengungkapkan pendapat, pikiran, keraguan, atau menyatakan ketidaksepakatan
pendapat dengan orang lain. Materi tentang expression de l?opinion telah
diajarkan pada mahasiswa semester II, III dan semester IV program studi
Pendidikan Bahasa Prancis. Penggunaan kata kerja-kata kerja dan ekspresiekspresi
untuk menyatakan expression de l?opinion dalam kalimat dapat diikuti
dengan modus subjonctif atau indicatif. Kekeliruan dalam penggunaan expression
tersebut dapat menyebabkan kesalahpahaman atau ketidakjelasan pesan yang
disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan mahasiswa
mengenai expression de l?opinion, pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam
menerapkan anak kalimat dengan struktur yang benar sesudah induk kalimat yang
menyatakan expression de l?opinion.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif dengan kajian analisis kritis. Variabel dalam penelitian ini adalah
kemampuan mahasiswa semester V program studi Pendidikan Bahasa Prancis
dalam menguasai l?expression de l?opinion. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa semester V program studi Pendidikan Bahasa Prancis sebanyak 36
orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini
adalah metode dokumentasi dan metode tes. Tes diujikan pada 30 mahasiswa
program studi Pendidikan Bahasa Prancis semester V. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan dilanjutkan dengan
analisis kritis. Analisis deskriptif dilakukan dengan menggunakan analisis
deskriptif persentase, yaitu mempersentasekan hasil tes kemampuan mahasiswa
dalam menguasai expression de l?opinion, sedangkan analisis kritis dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam
menguasai expression de l?opinion.
Kemampuan mahasiswa dalam menerjemahkan expression de l?opinion
termasuk dalam kategori ?Baik?, sedangkan dalam menerapkan anak kalimat
dengan struktur yang sesudah induk kalimat yang menyatakan expression de
l?opinion termasuk dalam kategori ?Cukup?. Kesalahan jawaban responden
disebabkan karena responden mengartikan expression de l?opinion kata per kata
dan kurang mengetahui struktur mana yang tepat untuk digunakan setelah
penggunaan ekspresi tersebut.