Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Desti Hayuningtyas, 6101907119
Subject
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Datestamp
2015-04-25 04:13:13
Abstract :
Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana persepsi Guru Non
Penjasorkes Sekolah Dasar terhadap kompetensi Guru Penjasorkes. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru non Penjasorkes
Sekolah Dasar terhadap kompetensi guru Penjasorkes.
Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik
penyebaran angket yang berisi sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk
memperoleh informasi dari responden. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian adalah Purpose Total Sampling yaitu pengambilan sampel sesuai
dengan jumlah populasi yang ada dengan ketentuan tertentu. Populasi dalam
penelitian ini adalah guru-guru yang ada di Gugus Ahmad Yani Kecamatan
Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2008 / 2009. Sedangkan sampelnya adalah
guru-guru non Penjasorkes di Gugus Ahmad Yani sebanyak 50 orang, terdiri dari
4 Sekolah dasar negeri, 1 Sekolah dasar katholik dan 1 Madrasah I?tibadiah (MI).
Metode analisis hasil penelitian menggunakan ?Deskriptif Persentase?.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru non Penjasorkes
terhadap kompetensi guru Penjasorkes memperoleh skor 4455 dengan persentase
90%.termasuk kategori baik, dengan skor rata?rata 89,1. Dengan distribusi
frekuensi sebagai berikut : persepsi tentang kompetensi kepribadian guru
Penjasorkes diperoleh skor sebesar 1141 dengan persentase 95%, rata-rata 22,82.
Persepsi tentang kompetensi paedagogik diperoleh skor sebesar 1095 dengan
persentase 91%, rata-rata 21,9. Persepsi tentang kompetensi profesional diperoleh
skor sebesar 1446 dengan persentasi 88%, rata-rata 28,92. Kompetensi sosial
diperoleh skor sebesar 799 dengan persentase 89%, dengan rata-rata skor 16.
Kesimpulan yang diperoleh penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar
Guru Penjasorkes di wilayah Gugus Ahmad Yani Kecamatan Bergas Kabupaten
Semarang memiliki kompetensi yang baik. Saran dari peneliti mengingat peranan
guru sangat penting dalm proses pembelajaran bagi siswa, maka kompetensi guru
penjasorkes yang sudah baik harus ditingkatkan, supaya proses pembelajaran di
sekolah semakin lebih baik dan bisa mewujudkan anak didik dengan SDM yang
baik.