Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Nadia Marestui Amanda, 2101406688
Subject
PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Datestamp
2015-04-25 04:13:18
Abstract :
Rendahnya keterampilan menulis puisi disebabkan oleh faktor dari guru
dan siswa. Siswa beranggapan bahwa menulis puisi sangat sulit. Mereka kesulitan
dalam mengungkapkan ide dan perasaan dalam bentuk tulisan, sangat terbatasnya
pengetahuan dan pengalaman, serta terbatasnya kosakata yang dimiliki siswa.
Penggunaan teknik pembelajaran yang kurang relevan yang digunakan oleh guru
pun dapat menyebabkan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Guru
masih menggunakan teknik ceramah dan menitikberatkan teori dengan sedikit
praktik. Oleh karena itu peneliti menerapkan teknik melanjutkan puisi dan metode
mengalirkan bayangan untuk pembelajaran menulis puisi.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan
keterampilan menulis puisi dan perubahan perilaku siswa kelas VII SMP N 01
Boja dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi setelah diberikan tindakan
pembelajaran dengan menggunakan teknik melanjutkan puisi dan metode
mengalirkan bayangan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi peningkatan
keterampilan menulis puisi dan perubahan perilaku siswa kelas VII SMP N 01
Boja dalam pembelajaran menulis puisi setelah diberikan tindakan pembelajaran
menulis puisi dengan menggunakan teknik melanjutkan puisi dan metode
mengalirkan bayangan.
Pelajaran menulis puisi dapat terjadi dengan efektif apabila guru dapat
menerapkan strategi yang memberikan peluang siswa untuk lebih kreatif, inovatif
serta aktif dalam mengikuti pembelajaran. Strategi tersebut diharapkan dapat
membuat siswa untuk memiliki keyakinan serta mempermudah siswa untuk
menuangkan ide dan pemikirannya seluas?luasnya dalam bentuk puisi.
Berdasarkan hasil identifikasi masalah dari peserta didik, peneliti bermaksud
menawarkan mengembangkan ketrampilan menulis puisi dengan menggunakan
metode mengalirkan bayangan atau image streaming.
Metode mengalirkan bayangan atau image streaming, merupakan suatu
penemuan baru dalam konteks berfikir. Image streaming adalah sebuah metode
dengan pikiran bawah sadar dengan menggunakan suara, gambar dan perasaan.
Masing-masing dari kita mampu belajar bagaimana mengalirkan bayangan karena
pada dasarnya dalam diri kita terdapat alam bawah sadar yang tanpa kita sadari
dapat menciptakan ide - ide kreatif yang bisa diaplikasikan untuk menulis puisi.
Teknik melanjutkan puisi merupakan teknik yang masih jarang digunakan dalam
dunia pendidikan walaupun teknik ini bisa sangat berguna apabila diterapkan
dengan metode yang tepat. Dalam hal ini peneliti berusaha menerapkan metode
dan teknik ini di SMP 1 Boja untuk meneliti seberapa besar keberhasilan
penggunaan metode image streaming teknik melanjutkan puisi untuk
meningkatkan kemampuan menulis puisi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan
menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi dengan
menggunakan teknik melanjutkan puisi dan metode mengalirkan bayangan
terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes pada siklus I diperoleh hasil rata-rata
sebesar 6,5 pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 7,5. Hal ini menunjukkan
peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,0 dari siklus I.
Hasil analisis observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto
menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas VII-C SMP Negeri 01 Boja.
Jumlah siswa yang melakukan perilaku negatif menjadi berkurang setelah
melakukan pembelajaran menulis puisi dengan teknik melanjutkan puisi dan
metode mengalirkan bayangan.
Saran dalam penelitian ini teknik melanjutkan puisi dan metode
mengalirkan bayangan dapat dijadikan alternatif memberikan variasi dalam
pembelajaran menulis puisi.