DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN EMPATI MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII AMP N 25 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Nur Lia Wiji Lestari, 1301405094
Subject
Bimbingan dan Konseling, S1 
Datestamp
2011-11-27 09:09:18 
Abstract :
ABSTRAK Lestari, Nur Lia. Upaya Peningkatan Empati Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa kelas VIII SMP N 25 Semarang Tahun 2009/2010. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I Drs. Suharso, M.Pd. Kons. Dosen Pembimbing II Prof. DR. DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons Kata Kunci : Empati, Layanan Penguasaan Konten, Sosiodrama. Empati sangat penting bagi setiap individu untuk mampu memahami dan mengerti keadaan orang lain dan lingkungan sekitar. Terdapat individu yang memiliki empati baik dan kurang baik atau empati rendah. Fenomena di SMP N 25 Semarang menunjukkan adanya empati rendah pada siswa, hal ini dapat dilihat jika ada teman yang sedang senang atau sedih, siswa yang lain cenderung bersikap biasa, acuh bahkan cemburu. Sikap seperti ini dikhawatirkan akan mengganggu siswa dalam kehidupannya karena nantinya siswa tidak akan peka terhadap perasaan orang lain dan lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran empati siswa sebelum dan setelah diberi layanan Penguasaan Konte dengan Teknik Sosiodrama pada siswa kelas VIII SMP N 25 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 25 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 270 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% (0,361). Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha dan menunjukkan angka 0,948, dengan demikian instrumen dikatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat empati siswa sebelum mendapat layanan penguasaan konten teknik sosiodrama menunjukkan presentase 55 % dalam kategori empati sedang. Setelah mendapat layanan penguasaan konten teknik sosiodrama tingkat empati siswa meningkat menjadi 75% dalam kategori empati tinggi. Dapat dikatakan terdapat peningkatan empati siswa dengan presentase 20%. Dari perhitungan uji t-test diperoleh Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk meningkatkan empati siswa SMP N 25 Semarang. Adapun saran yang penulis berikan yaitu sebaiknya pihak sekolah memberikan suatu program untuk menigkatkan empati para siswa, misalnya secara rutin memberikan bimbingan atau konsultasi kepada para siswa, menonton film yang memiliki pesan moral, tes ESQ, dan melakukan out bond yang penuh dengan kerjasama antarsiswa  

Institution Info

Universitas Negeri Semarang