Abstract :
Keberhasilan pendidikan di sekolah dapat di lihat dari hasil belajar siswa.
Hasil belajar sendiri dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor
ekstern. Dalam penelitian ini model pembelajaran yang digunakan adalah Model
Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Pembelajaran ini
memberikan bimbingan antar kelompok untuk bekerjasama dalam penguasaan
materi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model
pembelajaran Team Assisted Individualization lebih efektif dari pada penerapan
metode ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi Pokok Bahasan
Laporan Keuangan Perusahaan Jasa siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rowosari
Kabupaten Kendal?
Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1
Rowosari yang berjumlah dua kelas dan masing-masing kelas berjumlah 42 siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1
Rowosari, dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas
XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran
Team Assisted Individualization dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan metode Ekspositori. Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis
menggunakan uji t.
Hasil penelitian sebelum treatmen menunjukkan nilai pre tes rata-rata
untuk kelas eksperimen 58,62 dan kelas kontrol 59,66 Sedangkan akhir yaitu post
tes nilai rata-rata kelas eksperimen 79,12 dan nilai untuk kelas kontrol 70,52.
Hasil belajar untuk kelas ekspeimen meningkat 20,5 atau 25,91% dan Hasil
belajar untuk kelas kontrol meningkat 10,86 atau 13,71%.
Simpulan dari penelitian ini adalah 1). Ada perbedaan hasil belajar
akuntansi pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa yang diajar dengan
menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan yang diajar
dengan menggunakan metode ekspositori , terbukti dari hasil uji t (post-test)
diperoleh thitung = 3,220 Dengan taraf nyata 5 % diperoleh ttabel = 1,99. Karena
thitung 3,220? ttabel1,99, maka Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti pembelajaran
akuntansi pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa dengan menggunakan
model Team Assisted Individualization (TAI) lebih efektif. Saran yang diajukan
dalam penelitian ini adalah 1). Dalam pembelajaran model Team Assisted
Individualization (TAI) dapat dipilih sebagai alternatif mengajar.