Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Ratih Komala Dewi , 1550404042
Subject
B Philosophy (General)
Datestamp
2015-04-25 04:13:31
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi karena makin maraknya perusahaan yang
melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social
responsibility) terhadap konsumen maupun masyarakat sekitar perusahaan demi
menarik perhatian konsumen. Djarum adalah salah satu perusahaan rokok terbesar
di Indonesia yang juga ikut melakukan corporate social responsibility tersebut.
Dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan Djarum tersebut, dapat
meningkatkan rasa percaya konsumen pada merek rokok Djarum atau trust in
brand. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara
corporate social responsibility yang telah dilakukan Djarum dengan kepercayaan
pada merek Djarum yang ada di masyarakat.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam
penelitian ini adalah mahasiswa berjenis kelamin laki-laki yang ada di Fakultas
Teknik, Universitas Negeri Semarang yang telah merokok Djarum minimal satu
tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling yang
merupakan pengambilan sampel dari semua anggota populasi yang mempunyai
ciri-ciri tertentu yang mempunyai sangkut paut erat dengan ciri-ciri populasi yang
sudah diketahui sebelumnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 128 orang mahasiswa laki-laki yang berbeda jurusan di Fakultas Teknik,
Universitas Negeri Semarang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
skala. Skala corporate social responsibility terdiri dari 53 aitem, skala trust in
brand terdiri dari 49 aitem, yang disusun oleh peneliti. Setelah dilakukan ujicoba
diperoleh 45 aitem skala corporate social responsibility dan 42 aitem trust in
brand yang sahih dengan nilai validitas terendah sebesar 0,014 dan 0,157.
Reliabilitas skala corporate social responsibility sebesar 0,925 dan trust in brand
sebesar 0,928. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
teknik regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility
Djarum yang berada dalam kategori sangat rendah sebanyak 0 % atau 0
responden, pada kategori rendah 0 % atau 0 responden, pada ketegori sedang
sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori tinggi sebanyak 0,78 % atau 1
responden, pada kategori sangat tinggi sebanyak 99,22 % atau 127 responden.
Sedang trust in brand rokok Djarum yang berada dalam kategori sangat rendah
sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori rendah sebanyak 0 % atau 0
responden, pada kategori sedang sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori
tinggi sebanyak 3,91 % atau 5 responden, serta pada kategori sangat tinggi
sebanyak 96,09 % atau 123 responden. Jadi persepsi responden mengenai
sumbangan yang telah diberikan pada kegiatan corporate social responsibility
atau tanggung jawab sosial perusahaan Djarum untuk meningkatkan kepercayaan
konsumen pada merek (trust in brand) rokok Djarum sebesar 33,60%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada ?pengaruh CSR
Djarum terhadap trust in brand rokok Djarum?. Semakin tinggi CSR Djarum
maka semakin tinggi trust in brand rokok Djarum, dan sebaliknya, semakin
rendah CSR Djarum maka semakin rendah trust in brand rokok Djarum. Saran
yang dapat peneliti berikan untuk perusahaan adalah dari kegiatan CSR yang
mampu Djarum lakukan, akan memberikan sumbangan yang besar demi
peningkatan rasa percaya konsumen pada rokok Djarum. Ketika kepercayaan pada
merek semakin tinggi, maka PT. Djarum pula yang akan meraih keuntungan
karena konsumen merasa rokok Djarum pantas untuk dikonsumsi. Jadi, Djarum
disarankan untuk lebih meningkatkan kegiatan CSR demi terwujudnya
kepercayaan pada merek Djarum.