Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Putri Anggi Riani , 4101406586
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2011-11-27 09:03:15
Abstract :
Riani, P. A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) dengan Bantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Kubus dan
Balok pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2. Dosen Pembimbing I : Dr.
Masrukan, M. Si; Dosen Pembimbing II : Dr. St. Budi Waluyo, M. Si.
Ketidakefektifan serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran
matematika di sekolah menyebabkan peserta didik jenuh dengan pelajaran
matematika dan pasif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak
efektif, tidak bervariasi, serta materi yang disampaikan sulit dipahami oleh peserta
didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran
CTL dengan bantuan CD Interaktif pada materi pokok kubus dan balok efektif
terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester 2
SMP Negeri 3 Getasan tahun pelajaran 2009/2010, sedangkan sampel diambil
dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh hasil peserta
didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas
kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode
dokumentasi guna memperoleh data nilai awal, metode tes guna memperoleh data
nilai akhir, dan metode observasi guna mengamati keaktifan peserta didik. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji proporsi guna menganalisis
ketuntasan peserta didik, uji t guna menganalisis perbedaan rata-rata peserta didik
kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan uji regresi linier sederhana guna
menganalisis pengaruh keaktifan peserta didik terhadap kemampuan pemahaman
konsep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen
mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Dari perhitungan, diperoleh
rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen
adalah 90,72 dan kelas kontrol adalah 75,43. Artinya rata-rata kemampuan
pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari peserta didik
kelas kontrol pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII. Selain itu, diperoleh
juga persamaan regresi dari kelas eksperimen yaitu ?? = 25,54 + 0,8 X dengan
koefisien determinasi 75%. Ini menunjukkan adanya pengaruh positif keaktifan
peserta didik kelas eksperimen terhadap kemampuan pemahaman konsep.
Diperoleh simpulan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep
peserta didik pada materi pokok kubus dan balok dengan pembelajaran CTL
berbantuan CD Interaktif mencapai ketuntasan, (2) rata-rata kemampuan
pemahaman konsep peserta didik dengan pembelajaran CTL berbantuan CD
Interaktif lebih baik dibanding dengan pembelajaran CTL, (3) keaktifan peserta
didik dengan pembelajaran CTL berbantuan CD Interaktif berpengaruh positif
terhadap kemampuan pemahaman konsep. Disarankan guru menerapkan model
pembelajaran CTL dan menggunakan media yang sesuai dengan materi pelajaran
secara optimal dalam pembelajaran serta melibatkan peserta didik secara aktif
dalam pembelajaran.