Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Didik Dwi Pranoto , 6101405113
Subject
Education, Training, Research
Datestamp
2011-11-27 08:59:45
Abstract :
SARI
DIDIK DWI PRANOTO. 2010. Pembelajaran Permainan Bola Basket Dengan Pendekatan
Bermaian Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tahun Ajaran 2009/2010" Di SMP N 3 Larangan Kabupaten
Brebes. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan,
Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I : Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd., Dosen
Pembimbing II : Agus Pujianto, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Metode, Pendekatan Bermain, Motivasi Belajar
Metode pembelajaran yang monoton mengakibatkan rendahnya tingkat motivasi belajar
siswa. Penerapan metode pendekatan bermain diharapkan siswa mengalami peningkatan
motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi
belajar siswa kelas VIII D SMP N 3 Larangan tahun pelajaran 2009/2010 setelah mengikuti
pembelajaran dengan metode pendekatan bermain. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga
siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti bertindak
sebagai model yang melaksanakan metode pembelajaran pendekatan bermain dan guru mata
pelajaran sebagai pengamat yang menilai pelaksanaan proses pembelajaran.
Hasil siklus I menunjukkan bahwa sebanyak 25% siswa memiliki motivasi tinggi, 47,5%
siswa memiliki motivasi sedang dan 27,5% siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dan
persentase rata-ratanya adalah 50,21%.. Hasil yang diperoleh belum memenuhi kriteria minimal
yang ditetapkan yaitu motivasi belajar siswa ? 61 %, sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Hasil
siklus II menunjukkan bahwa sebanyak 5% siswa memiliki motivasi yang sangat tinggi, 30%
siswa memiliki motivasi tinggi, 55% siswa memiliki motivasi sedang dan 10% siswa memiliki
motivasi belajar yang rendah dan persentase rata-ratanya adalah 59,79%. Hasil yang diperoleh
belum memenuhi kriteria minimal yang ditetapkan yaitu motivasi belajar siswa ? 61 %, sehingga
diperlukan siklus III untuk memperbaiki. Hasil siklus III menunjukkan bahwa sebanyak 22,5%
siswa memiliki motivasi yang sangat tunggi, 70% siswa memiliki motivasi tinggi dan 7,5% siswa
memiliki motivasi sedang dan persentase rata-ratanya adalah 70,04%. Hasil yang diperoleh sudah
memenuhi kriteria minimal yang ditetapkan yaitu motivasi belajar siswa ? 61 %,
Hasil penilaian motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir dapat diketahui terjadi
kenaikan prosentase kriteria sangat tinggi dari 0 % menjadi 22,5 %, terjadi kenaikan tinggi dari 15
% menjadi 70 % , terjadi penurunan prosentase kriteria sedang dari 32 % menjadi 7,5 % dan
terjadi penurunan prosentase dengan kriteria rendah dari 52,5 % menjadi 0%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan
pendekatan bermain dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D di SMP N 3
Larangan tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran
pendekatan bermain dapat diterapkan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif yang
digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa