Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Nur Kholis Yusup, 2101907018
Subject
PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Datestamp
2015-04-25 04:13:40
Abstract :
keterampilan menulis slogan adalah di lapangan masih banyak siswa yang
belum bisa menulis slogan dengan maksimal. Hal ini terjadi karena
pembelajaran menulis slogan diajarkan sepintas dan tidak tuntas. Oleh karena
itu, melalui penelitian ini diharapkan bisa memperbaiki pembelajaran menulis
slogan dengan menggunakan gambar karikatur di koran sebagai sumber
inspirasi atau ide.
Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan
menulis slogan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara
pembelajaran menulis slogan dengan menggunakan gambar karikatur yang
meningkatkan keterampilan menulis slogan dan perubahan positif perilaku
siswa terhadap pembelajaran menulis slogan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Pengambilan
data dengan alat tes adalah lembaran soal yang berupa perintah menulis slogan.
Pengambilan data dengan alat nontes adalah observasi, jurnal, wawancara, dan
dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan
peningkatan nilai rata-rata kelas. Menulis slogan siswa pada prasiklus dengan
rata-rata 61, siklus I sebesar 64, dan siklus II mencapai 73,13. Hal ini sudah
memenuhi target penilaian yang ditentukam karena termasuk kategori baik.
Hasil pengumpulan data nontes menunjukkan adanya perubahan tingkahlaku
siswa yang positif. Perubahan perilaku yang diperoleh dari hasil nontes yang
berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Peningkatan pada
siklus II sebesar 38,7% dari siklus I. rata-rata skor dari hasil observasi pada
siklus I mencapai 62, sedangkan rata-rata skor pada siklus II mencapai 86.
Perilaku positif siswa antara lain: lebih memperhatikan, mau mengerjakan tugas
yang diberikan guru, bahkan mau berkreasi sendiri. Hal ini membuktikan
bahwa peningkatan keterampilan menulis slogan sangat dipengaruhi oleh
perilaku siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru mata pelajaran bahasa
dan sastra Indonesia menggunakan pemanfaatan gambar karikatur dalam
kegiatan keterampilan menulis slogan karena sudah terbukuti meningkatkan.
Setelah penelitian ini, diharapkan muncul banyak penelitian lanjutan dengan
media yang berbeda sehingga memperkaya alternatif pembelajaran yang lebih
kreatif dan inovatif dalam pembelajaran menulis slogan.