Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Erikta Arysona, 2101404041
Subject
PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Datestamp
2015-04-25 04:13:48
Abstract :
Setiap orang perlu memiliki keterampilan menulis. Di SMP Negeri 1 Kudus
masih banyak siswa yang kurang terampil dalam menulis misalnya menulis surat
pribadi. Selama ini di sekolah hanya mengajarakan secara konvensional yaitu dengan
menggunakan kertas surat. Keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan
media e-mail merupakan media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif
pembelajaran yang lebih menarik. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini
yaitu, (1) bagaimana peningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan
memanfaatkan media e-mail di kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus tahun pelajaran
2009/2010 dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran
keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail di kelas VIIF
SMP Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan dari penelitian ini yaitu
(1) mendeskripsikan upaya meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan
memanfaatkan media e-mail di kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus dan (2)
mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus dalam
upaya meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi setelah memanfaatkan media
e-mail.
Tujuan pembelajaran menulis surat pribadi yang dimaksud adalah
keterampilan menulis surat pribadi dengan menggunakan sistematika dan gaya bahasa
yang tepat. Topik-topik yang di ambil dalam menulis surat pribadi dapat berupa topik
surat-menyurat dengan keluarga, orang tua, atau teman untuk dijadikan topik dalam
menulis surat pribadi. Dalam pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat mencapai
indikator pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan sistematika diksi
dan gaya bahasa yang tepat, adanya penggunaan media sebagai suatu pembelajaran
dapat merangsang siswa untuk mengaplikasikan suatu pembelajaran yaitu menulis
surat pribadi dengan menggunakan media e-mail. Model ini dapat diaplikasikan
kepada siswa untuk membuat surat pribadi dengan memakai salah satu topik menulis
surat pribadi. Dengan menggunakan topik dan penggunaan media sebagai aplikasinya
siswa akan terlibat langsung dalam proses pembelajaran menulis surat pribadi dengan
menggunakan media e-mail.
Penggunaan e-mail terkait juga tuntutan pembelajaran sekarang ini, yang
diharapkan dapat memanfaatkan ICT (Information Communication Technology) agar
pembelajaran mendapatkan hasil yang maksimal. Upaya untuk meningkatkan
keterampilan menulis surat pribadi dengan media e-mail dilakukan dengan
melakukan perbaikan proses pembelajaran melalui tindakan yang mengaruh pada
anak untuk rangsangan kreatif dalam menulis.
Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas yang meliputi dua
siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Data penelitian diambil dengan cara nontes dan tes. Alat
pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara,
jurnal, dan dokumentasi foto. Data tes yaitu berupa penilaian keterampilan menulis
surat pribadi. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran menulis
surat pribadi sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 13,59 dan
mencapai skor 0,55 atau 13,4% dalam kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata
kelas menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail sebesar 14,14 dengan
peningkatan skor 1,54 dan mengalami peningkatan sebesar 14,4% dalam kategori
baik, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas menulis surat pribadi dengan
memanfaatkan media e-mail sebesar 15,68 dengan peningkatan skor 4,09 dan
mengalami peningkatan sebesar 59,8% dalam kategori sangat baik. Adapun
perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa yaitu perilaku tersebut dapat terlihat
siswa semakin aktif berbahasa, antusias belajar semakin meningkat dengan
memanfaatkan media internet, serta gemar menulis. Diharapkan tiap sekolah dapat
mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran.
Keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail
merupakan media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran
yang lebih menarik. Diharapkan guru bahasa Indonesia dapat menggunakan media
internet dalam pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi untuk diterapkan
dengan memanfaatkan media yang telah diberlakukan di sekolah-sekolah. Dengan
demikian guru bahasa Indonesia hendaknya kreatif dalam menentukan teknik
pembelajaran menulis sehingga pembelajaran tidak membosankan. Adapun kegunaan
bagi para praktisi dibidang pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian serupa
dengan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif
pembelajaran keterampilan menulis.