Abstract :
Model pembelajaran yang selama ini diterapkan adalah model
pembelajaran konvensional, di mana guru yang mendominasi kegiatan
pembelajaran, dan keaktifan peserta didik kurang. Agar peserta didik dapat
terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan
memudahkan peserta didik dalam memahami konsep-konsep matematika dan
menyelesaikan masalah matematika, di antaranya yaitu model pembelajaran
kooperatif tipe TPS berbasis RME. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
Apakah model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis RME pada pokok
bahasan Persegi dan Persegi Panjang dapat meningkatka prestasi, motivasi dan
aktivitas matematika belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 satu Atap
Grobogan tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap
Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus.
Siklus I pada materi persegi, siklus II pada materi persegi panjang. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian mengalami peningkatan prestasi, aktivitas dan
motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap Grobogan tahun pelajaran
2010/2011. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil siklus I rata-rata prestasi siswa
yaitu 5,7 mengalami peningkatan disiklus II menjadi 6,8. Pada aktivitas belajar
pada siklus I yaitu : 5,4 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 7,
sedangkan motivasi pada siklus I mencapai 105,60 mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 111,77
Disimpulkan bahwa prestasi, aktivitas belajar matematika dan motivasi
belajar pada siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap Grobogan pada materi persegi
dan persegi panjang ddapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif TPS
berbasis RME. Dengan saran guru hendaknya memilih model pembelajaran
kooperatif TPS berbasis RME dalam proses pembelajaran matematika khususnya
TPS pada materi persegi dan persegi panjang untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa.