DETAIL DOCUMENT
PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Wahyu Ismuwardani , 1102403009
Subject
Teknologi Pendidikan, S1 
Datestamp
2015-04-25 04:13:58 
Abstract :
Saat ini di Indonesia belum ada perguruan tinggi yang menghasilakan tenaga pendidik sebagai guru Teknologi Informasi dan Komunikasi. Akibat dari hal ini maka kemampuan setiap guru relatif tidak sama dan berdampak pada hasil pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi kurang merata dan tidak bisa mencapai hasil semakasimal mungking. Sehingga hal demikian menimbulkan tanda tanya besar apakah guru-guru TIK tersebut benar-benar berkompeten dibidangnya. Untuk itu penulis tertarik ingin mengetahui implikasi Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Oleh Guru-Guru SMA Negeri Se- Kabupaten Kendal Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2006. Dari Hasil Penelitian Yang telah dilakukan ternyata tidak adanya perguruan tinggi yang menghasilkan Tenaga pendidik sebagai pengajar TIK, bukan merupakan hambatan yang besar dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat bahwa secara umum ratarata tingkat tingkat kesiapan guru mencapai 81, 54 % yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar guru memiliki Pemahaman dan pengguasaan yang tinggi tentang kompetensi dasar TIK, memiliki kesiapan yang tinggi dalam proses pembelajaran serta menguasai sarana dan prasarana penunjang TIK dengan baik. Tingginya kesiapan ini disebabkan karena sebagian besar guru berasal dari lulusan perguruan ilmu komputer meskipun bukan berasal dari jurusan kependidikan, serta di dukung motifasi yang tinggi untuk terus belajar. 

File :
2620.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang