DETAIL DOCUMENT
(ABSTRAK) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PENJELAJAHAN DALAM PENJASORKES MELALUI KAJIAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN SISWA KELAS V DAN KELAS VI SD N WONOREJO 01 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
SUHARTONO , 6102909163
Subject
Education, Training, Research 
Datestamp
2011-11-28 06:18:50 
Abstract :
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : ( 1 ) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi , termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. ( 2 ) Mengembangkan produk awal ( skala kecil ) ketrampilan penjelajahan , ( 3 ) evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli pembelaran dan satu ahli penjas, serta uji coba kelompok kecil , dengan menggunakan kuesioner, konsultasi dan evaluasi yang kemudian dianalisis , (4 ) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang telah bibuat oleh peneliti, ( 5 ) uji lapangan, ( 6 ) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, ( 7 ) hasil akhir modivikasi model penjelajahan untuk siswa kelas V dan kelas VI SD Negeri Wonorejo 01 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak yang dihasilakan melalui uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan ndengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli ( ahli pembelajaran dan ahli penjas ) , uji coba kelompok kecil ( 10 siswa ) dan uji coba lapangan ( 40 siswa ). Data berupa hasil penelitianmengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif , dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba skala kecil diperoleh data evaluasi kualitas model penjelajahan 82,7% , pemahaman siswa dalam aspek psikomotorik 82%, , pemahaman siswa dalam aspek kognitif 86 % dan , pemahaman siswa dalam aspek afektif 92 %. Sedangkan Dari hasil uji coba skala besar diperoleh data evaluasi kualitas model penjelajahan 84% , pemahaman siswa dalam aspek psikomotorik 85 %, , pemahaman siswa dalam aspek kognitif 84,3% dan , pemahaman siswa dalam aspek afektif 86,3 %. Semua hasil aspek termasuk dalam kriteria baik Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ketrampilan penjelajahan ini dapat digunakan bagi siswa kelas V dan VI SD Negeri Wonorejo 01 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas , diharapkan bagi guru penjasorkes SD dapat menggunakan produk model pembelajaran ketrampilan penjelajahan pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  

File :
10083A.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang