Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Yan Kurniawan , 3101404502
Subject
Indonesian History
Datestamp
2015-04-25 07:38:39
Abstract :
iv
SARI
Yan Kurniawan. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah
Kebangkitan Nasional Melalui Pemutaran Film Dokumenter Pada Peserta Didik
Kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurusan
Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Film Dokumenter.
Pembelajaran sejarah di MTs Miftahussa'adah Semarang selama ini belum
melibatkan potensi dan peran serta siswa secara optimal. Hal tersebut salah satu
penyebab rendahnya prestasi belajar siswa karena siswa cenderung pasif dalam
mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Siswa
tidak aktif sendiri untuk memperoleh pengetahuannya. Kondisi tersebut perlu
segera dicarikan solusi penyelesaiannya. Permasalahan yang dikaji pada
penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa
kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang melalui pemutaran film dokumenter
tahun pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan?, (2) Bagaimana aktivitas belajar
sejarah siswa kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang melalui pemutaran film
dokumenter tahun pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini
adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII MTs
Miftahussa'adah Semarang tahun pelajaran 2010/2011 melalui pemutaran film
dokumenter dapat meningkat; (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
dalam proses belajar mengajar.
Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas
berupa lembar kerja siswa untuk dipelajari secara kelompok, kemudian salah satu
wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
kelompok yang lain dapat menanggapinya. Setelah diskusi kelompok selesai guru
memberikan tes kepada siswa secara individu. Adapun yang menjadi subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran
2010/2011 yang berjumlah 36 siswa.
Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I dan II
diperoleh rata?rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I
yaitu sebesar 81%, Siklus II yaitu sebesar 100%. Sedangkan prestasi belajar siswa
pada siklus I dan II diperoleh dari kuis yang dilaksanakan pada akhir pertemuan.
Nilai rata?rata kelas pada siklus I adalah 67,97 dengan ketuntasan klasikal 86%.
Nilai rata?rata kelas pada siklus II adalah 69,6 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS Sejarah
Kebangkitan Nasional melalui pemutaran film dokumenter, prestasi belajar dan
aktivitas belajar siswa kelas VIII Mts Miftahussa'adah Semarang dapat
ditingkatkan. Saran, Model Pembelajaran IPS Sejarah melalui pemutaran film
dokumeter yang diterapkan guru dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa,
maka pada proses pembelajaran sehari?hari bisa menggunakan Model
Pembelajaran IPS Sejarah melalui pemutaran film dokumenter sesuai dengan
pokok bahasan.