Abstract :
Banyak faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, salah satunya
adalah penggunaan media pembelajaran. Perkembangan teknologi dalam dunia
pendidikan memberikan alternatif baru dalam menyediakan media yang dapat
mengatasi keterbatasan dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran
berbasis komputer akan membantu siswa dalam memahami materi fisika yang
bersifat abstrak dan kompleks. Media pembelajaran juga diharapkan dapat
memenuhi tuntutan perkembangan sekolah bertaraf internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan CD pembelajaran fisika
bilingual pokok bahasan optika geometri untuk siswa SMA dan mengetahui minat
belajar siswa. Pengembangan CD pembelajaran dilakukan melalui empat tahap
yaitu perencanaan, pengembangan, uji ahli dan uji coba. CD pembelajaran dibuat
dengan memanfaatkan software Adobe Flash CS4 dan software-software
pendukung lainnya. CD pembelajaran yang telah selesai, dikemas menggunakan
media penyimpanan Compact Dist (CD) yang berisi file-file media pembelajaran
dan disertakan pula petunjuk penggunaannya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IA di SMA
Negeri 1 Pemalang. Sampel penelitian diambil melalui cluster sample dan dipilih
kelas XI-IA 5 sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap
yaitupre-test, perlakuan dan post-test. Data minat belajar diambil melalui angket
berbentuk skala Likert yang diberikan pada saat pre-test dan post-test.
Peningkatan minat belajar diketahui dari selisih antara minat belajar akhir (posttest)
dan minat belajar awal (pre-test). Analisis data dilakukan dengan
menggunakan metode deskriptif presentatif. Besarnya peningkatan minat belajar
ditentukan melalui uji gain ternormalisasi dan dideskripsikan sesuai dengan
kriteria yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan minat
belajar siswa sebesar 14,7. Minat belajar tahap awal masuk dalam kategori rendah
dan minat belajar tahap akhir masuk dalam kategori tinggi. Besarnya peningkatan
minat belajar siswa dari uji gain diperoleh sebesar 0,4 dan masuk dalam kategori
sedang atau cukup signifikan. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika setelah
menggunakan CD pembelajaran.