Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Teguh Riyadi , 5250307040
Subject
TJ Mechanical engineering and machinery
Datestamp
2015-04-25 07:38:43
Abstract :
Fungsi dari sistem bahan bakar mesin Isuzu Panther 4JA1-L adalah untuk
melayani kebutuhan bahan bakar selama mesin bekerja. Pompa injeksi
menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan tekanan tinggi
menggunakan nosel injeksi agar menghasikan partikel yang lebih kecil sehingga
mudah terbakar dengan sendirinya.
Komponen sistem bahan bakar yang digunakan pada mesin Isuzu Panther
4JA1-L terdiri dari tangki bahan bakar, pompa priming, saringan bahan bakar,
water sedimenter, feed pump, pompa injeksi, dan nosel injeksi. Cara kerja sistem
bahan bakar Isuzu Panther 4JA1-L adalah bahan bakar dari tangki bahan bakar
dipompa ke pompa injeksi oleh feed pump melalui water sedimenter maupun
saringan bahan bakar. Bahan bakar dipompa ke ruang bakar dengan tekanan tinggi
oleh plunyer, kemudian nosel injeksi mengabutkan bahan bakar beberapa derajat
sebelum titik mati atas (TMA). Udara yang dimampatkan di dalam ruang bakar
temperaturnya menjadi tinggi, sehingga bahan bakar yang disemprotkan mampu
terbakar dengan sendirinya.
Gangguan yang sering terjadi pada mesin banyak disebabkan gangguan
pada komponen pompa injeksi dan nosel injeksinya serta saluran yang
menghubungkan saluran sistem bahan bakar. Gangguan sistem bahan bakar yang
terjadi, antara lain: motor susah dihidupkan, motor dapat hidup kemudian mati
kembali, daya motor rendah, asap terlalu banyak, mesin terdengar bunyi ketukan
(knocking), putaran mesin sukar diatur. Untuk mencegah gangguan yang akan
terjadi sebaiknya dilakukan perawatan yang baik, selalu menggunakan bahan
bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin, selalu mengganti saringan bahan
bakar sesuai dengan jam kerjanya, menghindari penggunaan kembali komponen
yang sudah rusak parah yang berakibat merusak komponen yang lain.