DETAIL DOCUMENT
( ABSTRAK ) EFEKTIVITAS PERMAINAN KIMIA BERORIENTASI CET PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA MATERI POKOK REDOKS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Yuni Eka Utami, 4301406046
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2011-11-28 07:57:05 
Abstract :
Mata pelajaran kimia merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam yang dibangun melalui pengamatan dan percobaan. Oleh karena itu, dalam belajar-mengajar hendaknya diusahakan agar siswa mendapat konsep dasar kimia melalui demonstrasi, sehingga siswa menjadi subjek yang aktif terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar. Percobaan permainan kimia berorientasi CET merupakan kegiatan percobaan di dalam kelas dengan menggunakan percobaan yang menarik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa materi pokok redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan permainan kimia beorientasi CET dan mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran permainan kimia berorientasi CET dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional, mengetahui efektivitas hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan permainan kimia beorientasi CET. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah Gubug tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-3 (kelas eksperimen) dengan pemainan kimia berorientasi CET dan kelas X-2 (kelas kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Varibel bebas penelitian ini adalah permainan kimia berorientasi CET, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas dan hasil belajar kimia siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test sebelum mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan kimia berorientasi CET lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan ada perbedaan kreativitas dan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan permainan kimia berorientasi CET dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.  

File :
11600A.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang