DETAIL DOCUMENT
Analisis Sistem Pendinginan pada Isuzu Panther
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Ade Irfan S, 5250304555
Subject
TJ Mechanical engineering and machinery 
Datestamp
2015-04-25 04:14:06 
Abstract :
Pendinginan pada motor sangat dibutuhkan, karena tanpa pendinginan mesin dan komponen-komponennya akan mengalami Over heating, sehingga menimbulkan panas dan mengakibatkan kerusakan berupa keausan yang akhirnya umur mesin dan komponen-komponennya tidak tahan lama. Permasalahan yang menjadi fokus pembahasan pada sistem pendingianan Isuzu Panther adalah tentang fungsi pendinginan, komponen-komponen pada sistem pendinginan Isuzu Panther serta analisis gangguan yang terjadi dan cara mengatasi gangguan tersebut. Tujuan dari pembahasan sistem pendinginan ini adalah dapat membantu meningkatkan pemahaman pengguna kendaraan pada umumnya tentang sistem pendinginan yang digunakan pada mesin Isuzu Panther, dapat memperbaiki jika terjadi kerusakan pada sistem pendinginan, dan dapat membantu dalam hal menganalisa gangguan dan cara mengatasinya. Komponen-komponen sistem pendinginan Isuzu Panther terdiri dari radiator, thermostat, pompa air, water jacket, tutup radiator, kipas, selang dan klem, dan alat pengukur suhu air pendingin. Cara kerja sistem Pendingin Isuzu Panther adalah sistem pendinginan tekan yang memanfaatkan pompa air untuk mensirkulasikan air pendingin. Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada sistem pendinginan adalah kebocoran, gangguan dari kotoran, gangguan kotoran yang mengendap sehingga aliran air tidak maksimal. Analisis gangguan diperlukan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada sistem pendinginan Isuzu Panther sehingga mampu mengatasi gangguan-gangguan tersebut. Usaha yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerugian akibat kerusakan komponen mesin adalah dengan merawat dan memeriksa kondisi mesin secara berkala. Untuk itu perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan pada sistem pendinginan yang antara lain usahakan untuk selalu mengontrol volume air pendingin dalam radiator, supaya jumlah air pendingin tidak berkurang atau di bawah batas minimal, dan menggunakan anti karat agar sistem pendingin tidak cepat rusak dan aus yang dapat mengganggu kerja dari komponen-komponen sistem pendinginan dan mempercepat keausan pada bagian-bagian mesin yang bergesekan. 

File :
3468.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang