DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Model Pembelajaran servis Bawah Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola Plastik Melalui pendekatan Lingkungan Hutan Pada Siswa Siswi Kelas Atas SD N Pasekan 02 Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Joko Triono, 6102909175
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2015-04-25 07:40:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran servis bawah bola voli bagi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang dimodifikasi , yaitu : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) pembuatan bentuk produk awal ( berupa permainan servis bawah bola voli ), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas daqn dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuisioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (8 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) Uji lapangan (24 siswa) (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir metode pembelajaran berupa permainan servis bawah bola voli. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli ( satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran ), uji coba kelompok kecil (8 siswa) dan uji lapangan (24 siswa). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 81,3 %, ahli pembelajaran I 78,7%. Ahli pembelajaran II 89,3 %, uji kelompok kecil 87,5 %, uji lapangan 88,1%. Dari data data di atas dapat di simpulkan bahwa model permainan servis bawah bola voli ini dapat dipergunakan bagi siswa SD N Pasekan 02 Kecamatan Ambarawa Kabupaten semarang. Berdasarkan penelitian di atas diharapkan bagi guru Penjas di Sekolah Dasar khususnya bagi guru ? guru di kecamatan Ambarawa untuk menggunakan produk Model Pembelajaran servis Bawah Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola Plastik, dan dapat digunakan sebagai acuan penelitian selanjutnya. 

File :
6456.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang