Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Dewi Puspitasari , 7101406638
Subject
HD Industries. Land use. Labor
Datestamp
2011-11-29 05:20:40
Abstract :
Dewi Puspitasari. 2010. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Kecerdasan, dan
Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran
SMK Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Semarang. 75 halaman.
Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan Keluarga, Kecerdasan, Karakteristik Siswa, Prestasi
Belajar Siswa.
Dalam proses pembelajaran, berhasil atau tidaknya siswa memperoleh prestasi belajar
maksimal di pengaruhi oleh beberapa faktor intern yang berasal dari diri siswa itu sendiri, yaitu
faktor motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan, dan karakteristik siswa. Apabila faktor-faktor
tersebut dapat terpengaruhi dan berjalan dengan baik, maka siswa akan mencapai hasil belajar
berupa prestasi yang memuaskan, dan apabila faktor-faktor tersebut tidak dapat terpenuhi, maka
akan menimbulkan hambatan dan gangguan yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar
sebagaimana mestinya, sehingga akan mengalami kesulitan belajar, yang pada akhirnya akan
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh motivasi
terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang, bagaimana pengaruh
lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang,
bagaimana pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar
Semarang, bagaimana pengaruh karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK
Teuku Umar Semarang, dan dari variabel motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan, dan
karakteristik siswa, variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa
kelas X SMK Teuku Umar Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X jurusan administrasi perkantoran
SMK Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 71 orang. Karena
sedikitnya jumlah populasi maka menggunakan metode total sampling yakni seluruh populasi
menjadi anggota yang akan di analisis sebagai sampel.dengan asumsi bahwa kemampuan belajar
siswa laki-laki dan perempuan adalah sama. Sehingga dalam mengambilan jumlah sampel tidak
membedakan jenis kelamin responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif
persentase dan uji hipotesis.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa secara parsial t hitung untuk variabel
motivasi sebesar 0.416, lingkungan keluarga sebesar 0.253, kecerdasan sebesar 0.385, dan
variabel karakteristik siswa sebesar 0.304 dimana t tabel 0.244. Hal tersebut dapat dijelaskan
bahwa t hitung > t tabel ini berarti secara parsial variabel, motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan,
dan karakteristik siswa berpengaruh terhadap prestasi relajar siswa kelas X SMK Teuku Umar
Semarang. Sumbangan efektif yang diberikan untuk variabel motivasi sebesar 17.30 %,
lingkungan keluarga sebesar 6.40 %, kecerdasan sebesar 14.82 %, dan variabel karakteristik
siswa sebesar 9.24%, dan variabel motivasi adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap
prestasi belajar siswa.
Hal ini dapat diartikan bahwa motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan dan
karakteristik siswa berpengaruh tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku
Umar Semarang. Berdasarkan hasil perhitungan dapat di simpulkan bahwa secara parsial
motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan dan karakteristik siswa berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian
ini adalah hendaknya siswa lebih menumbuhkan motivasi belajar dan lebih ulet dalam
menghadapi kesulitan belajar sehingga dapat meninggkatkan prestasi belajar.