DETAIL DOCUMENT
(ABSTRAK) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN ATLETIK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN MENOLAK BOLA BERPASANGAN, MELEMPAR BOLA KEBELAKANG (SHOKEN), MENOLAK BOLA MELEWATI TALI TERHADAP HASIL TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONDALEM 01 KEC. GRINGSING KAB.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Redy Ganjar Maskulin , 6101404084
Subject
Education, Training, Research 
Datestamp
2011-11-29 03:41:54 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada perbedaan hasil pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola berpasangan, melempar bola kebelakang (shoken), menolak bola melewati tali pada hasil tolak peluru dan manakah yang lebih baik diantara pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola berpasangan, melempar bola kebelakang (shoken), menolak bola melewati tali pada hasil tolak peluru siswa kelas V SD Negeri Kebondalem 01 tahun 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola berpasangan, melempar bola kebelakang (shoken), menolak bola melewati tali pada hasil tolak peluru dan mengetahui dari ketiga pembelajaran dengan pendekatan bermain tersebut mana yang mempunyai hasil yang lebih baik pada hasil tolak peluru siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen One group pre-test and pos-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kebondalem 01 yang berjumlah 45 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola berpasangan (X1), melempar bola kebelakang (X2), dan menolak bola melewati tali (X3), serta variabel terikat yaitu hasil tolak peluru (Y). Instrumen penelitian tes tolak peluru. Analisis data menggunakan t-test rumus pendek (short methode). Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung X1 3,997 > t tabel 2,145, X2 3,841 > 2,145 dan X3 4,899 > 2,145 pada taraf signifikansi 5% dengan db 14 berarti ada perbedaan hasil yang signifikan dari bentuk pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola berpasangan (X1), melempar bola kebelakang (X2), dan menolak bola melewati tali (X3) pada hasil tolak peluru siswa kelas V SD Negeri Kebondalem 01 tahun 2010/2011. Dari hasil uji t hitung, perhitungan mean dan peningkatan prestasi, kelompok eksperimen menolak bola melewati tali (X3) lebih besar dari kelompok menolak bola berpasangan (X1) dan kelompok melempar bola kebelakang (X3). Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola melewati tali mempunyai pengaruh yang lebih baik pada hasil tolak peluru siswa. Dari hasil penelitian, maka simpulan penelitian ini adalah : pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola berpasangan, melempar bola kebelakang (shoken), menolak bola melewati tali menunjukkan perbedaan hasil yang signifikan pada hasil tolak peluru. Pembelajaran dengan pendekatan bermain menolak bola melewati tali disarankan digunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tolak peluru karena menunjukkan peningkatan hasil yang paling tinggi.  

File :
10089A.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang