Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Saif Fajri Ahmad, 3101406041
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Datestamp
2011-11-29 05:19:53
Abstract :
SARI
AHMAD, SAIF FAJRI. 2010. Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah
Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media VCD
Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono Kabupaten
Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Semarang. 118+xvi
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Think Talk Write, VCD Pembelajaran
Pembelajaran sejarah di MTs Nuril Huda Sumowono selama ini belum
melibatkan potensi dan peran serta siswa secara optimal. Hal tersebut salah satu
penyebab rendahnya prestasi belajar siswa karena cenderung pasif dalam
mengikuti pembelajaran, banyak dari mereka yang memilih duduk diam,
mencatat, dan mendengarkan pada saat pembelajaran berlangsung sehingga proses
pembelajaran terkesan membosankan dan menjadi tidak bermakna. Siswa tidak
aktif sendiri untuk memperoleh pengetahuannya. Kondisi tersebut perlu segera
dicarikan solusi penyelesaiannya. Menanggapi permasalahan tersebut, maka
dilaksanakan model pembelajaran Think Talk Write menggunakan media VCD
pembelajaran. Model pembelajaran dan media tersebut diharapkan dapat menjadi
solusi untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas VII A MTs Nuril
Huda Sumowono. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana
prestasi belajar IPS sejarah siswa kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono tahun
ajaran 2009/2010 dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran Think
Talk Write berbantu media VCD pembelajaran?
Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus
terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara menyimak materi melalui
pemutaran VCD pembelajaran kemudian dilakukan diskusi kelompok guna
membahas dan memperdalam materi yang diputar melalui VCD pembelajaran,
kemudian salah satu wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas dan kelompok yang lain dapat menanggapinya. Kemudian hasil
diskusi tersebut mereka tulis. Setelah diskusi kelompok selesai guru memberikan
tes kepada siswa secara individu. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah
siswa kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono yang berjumlah 35 siswa tahun
pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I dan II
diperoleh rata-rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I
yaitu sebesar 64 %, Siklus II yaitu sebesar 80 % Sedangkan prestasi belajar siswa
pada siklus I dan II diperoleh dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir
pertemuan. Nilai rata- rata kelas pada siklus I adalah 64,25 dengan ketuntasan
klasikal 56%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 76,92 dengan ketuntasan
klasikal 83%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Think Talk Write dengan media VCD pembelajaran, prestasi belajar
ix
dan aktivitas belajar siswa kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono dapat
ditingkatkan.
Saran, Model Pembelajaran Think Talk Write yang diterapkan guru dapat
meningkatkan Prestasi belajar siswa, maka pada proses pembelajaran sehari-hari
bisa menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write.