DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Cita Lusty Ardliana, 4101406519
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2011-11-29 05:19:02 
Abstract :
ABSTRAK Ardliana, C L. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs.Amin Suyitno, M.Pd, pembimbing II: Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom Kata Kunci : Tipe Jigsaw, Audio Visual, Hasil Belajar. Model pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan. Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan menentukan keefektifan dan keefisienan dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dimungkinkan mampu mencapai keberhasilan pendidikan adalah dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada materi pokok himpunan lebih baik dari model pembelajaran pada umumnya (ekspositori). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP N 4 Magelang tahun pelajaran 2009/2010. Setelah diadakan uji homogenitas, populasi bersifat homogen. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIIe sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual, dan kelas VIId sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis uji t data hasil belajar dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh harga thitung sebesar 5,34 dan harga ttabel sebesar 1,99. Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual peserta didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada materi ajar himpunan lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan model pengajaran ekspositori yang sering dilakukan oleh guru pada umumnya. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah : (1) guru sebagai fasilitator dan motivator peserta didik sebaiknya mengajar dengan model pengajaran tipe Jigsaw dengan bantuan audio visual yang mampu membantu paserta didik dalam memahami materi yang diajarkan; (2) bagi peneliti lain, dapat melakukan penelitian serupa dengan permasalahan lebih terfokus pada kelebihan model yang diterapkan yaitu model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan audio visual. 

Institution Info

Universitas Negeri Semarang