Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Cita Lusty Ardliana, 4101406519
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools
Datestamp
2011-11-29 05:18:34
Abstract :
ABSTRAK
Ardliana, C L. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan
Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP
N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I:
Drs.Amin Suyitno, M.Pd, pembimbing II: Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
Kata Kunci : Tipe Jigsaw, Audio Visual, Hasil Belajar.
Model pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempunyai peranan yang sangat
penting dalam keberhasilan pendidikan. Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan
menentukan keefektifan dan keefisienan dalam proses pembelajaran. Salah satu model
pembelajaran yang dimungkinkan mampu mencapai keberhasilan pendidikan adalah dengan
menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah
model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual terhadap
hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada materi pokok himpunan lebih baik
dari model pembelajaran pada umumnya (ekspositori).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP N 4 Magelang
tahun pelajaran 2009/2010. Setelah diadakan uji homogenitas, populasi bersifat homogen.
Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIIe
sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan
bantuan media pembelajaran audio visual, dan kelas VIId sebagai kelas kontrol yang mendapat
perlakuan pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
metode dokumentasi dan tes.
Berdasarkan hasil analisis uji t data hasil belajar dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh
harga thitung sebesar 5,34 dan harga ttabel sebesar 1,99. Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti
hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual
peserta didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada materi ajar himpunan lebih baik terhadap
peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan model pengajaran ekspositori yang sering
dilakukan oleh guru pada umumnya. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah : (1)
guru sebagai fasilitator dan motivator peserta didik sebaiknya mengajar dengan model
pengajaran tipe Jigsaw dengan bantuan audio visual yang mampu membantu paserta didik dalam
memahami materi yang diajarkan; (2) bagi peneliti lain, dapat melakukan penelitian serupa
dengan permasalahan lebih terfokus pada kelebihan model yang diterapkan yaitu model
pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan audio visual.