Abstract :
SARI
Kusmiati, Eni. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi dengan Metode
Examples Nonexamples dan Media Interaktif Berbasis Komputer Movie Maker SMA 1
Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas
Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Subyantoro,
M.Hum., Pembimbing II: Drs.Wagiran, M.Hum.
Kata kunci: keterampilan menulis paragraf narasi, Metode Examples Nonexamples, media
interaktif berbasis komputer Movie Maker.
Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi
secara tidak langsung. Kegiatan menulis bersifat produktif dan ekspresif sehingga penulis harus
memanfaatkan kemampuan dalam menggunakan tata tulis, struktur bahasa, dan kosakata. Syarat
itulah yang sering diabaikan sebagian besar siswa. Akibatnya, menulis bagi mereka menjadi
sesuatu yang sulit. Untuk dapat menulis, kadang-kadang siswa perlu dipacu dengan sesuatu yang
menarik, sehingga guru harus berusaha untuk membuat siswa dapat menulis dengan baik.
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis paragraf
narasi siswa kelas X 4 SMA 1 Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan masih
tergolong rendah dan belum memuaskan. Hal tersebut disebabkan oleh dua faktor; internal dan
eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri, yaitu (1) siswa
kurang berminat untuk mengikuti pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, (2) siswa tidak
mengetahui karakteristik paragraf narasi (3) siswa kurang diberi pelatihan menulis paragraf
narasi dan, (4) siswa sulit menuangkan ide kedalam bentuk tulisan narasi. Adapun faktor
eksternal adalah faktor yang berasal dari luar siswa, yaitu teknik menulis yang digunakan kurang
sesuai dan bersifat konvensional.
Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini memang mengkaji dua masalah, yaitu
(1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas X 4
SMA 1 Bojong setelah diberi pembelajaran dengan metode examples nonexamples dan
menggunakan media interaktif berbasis komputer movie maker, dan (2) bagaimanakah
perubahan sikap dan perilaku siswa kelas X 4 SMA 1 Bojong setelah diberi
pembelajaran dengan metode examples nonexamples dan menggunakan media interaktif
berbasis komputer movie maker. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini
bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan menulis paragraf narasi dengan
menggunakan metode examples nonexamples dan menggunakan media interaktif berbasis
komputer movie maker, dan (2) mendeskripsi perubahan sikap dan perilaku siswa pada
siswa kelas X 4 SMA 1 Bojong setelah diberi pembelajaran dengan metode examples
nonexamples dan menggunakan media interaktif berbasis komputer movie maker.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan II dengan target nilai ratarata
kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 4
SMA 1 Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan sebanyak empat puluh tiga
siswa. Dalam penelitian ini digunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan
menulis paragraf narasi dan penggunaan metode examples nonexamples dan media
interaktif berbasis komputer movie maker. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil paragraf narasi dan untuk
nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, catatan harian siswa, sosiometri,
wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data meliputi dua hal, yaitu teknik
kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif ini untuk menganalisis hasil nontes dan teknik
kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes siswa dalam menulis paragraf narasi.
Hasil analisis data tes penelitian ini menginformasikan bahwa adanya peningkatan
keterampilan menulis karangan narasi pengalaman pribadi melalui media objek langsung.
Hasil tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,56, sedangakan pada siklus II
terjadi peningkatan yang mencolok, yaitu memperoleh nilai rata-rata 74,69. Peningkatan
keberhasilan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,13%. Peningkatan keterampilan menulis
paragraf narasi tersebut diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif, yaitu
semakin aktif dan antuisias dengan pengajaran menulis paragraf narasi dengan metode
examples nonexamples dan media interaktif berbasis komputer movie maker.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti member saran guru, siswa, dan
peneliti lain. Guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan metode examples
nonexamples dengan media berbasis komputer movie maker dalam pengajaran
keterampilan menulis paragraf narasi karena terbukti dapat mendorong siswa aktif
berpikir, bekerja sama, dan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis
paragraf narasi. Dengan metode dan media pembelajaran tersebut, guru juga berhasil
meningkatkan prestasi siswa dan menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna.
Pembelajaran keterampilan menu