Abstract :
SARI
Anam, Saiful. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar dan Lingkungan
Keluarga Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Kelas VII SMP N 2 Pegandon
Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi . Jurusan Ekonomi
Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I.
Prof. Dra. Niswatin Rakub. II. Drs. FX. Sukardi.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga,
Prestasi Belajar Ekonomi
Prestasi Belajar merupakan hasil yang diperoleh atau dicapai siswa setelah
mengikuti proses belajar di sekolah melalui tes atau evaluasi yang diwujudkan
dalam bentuk angka atau huruf. Prestasi belajar siswa ini dipengaruhi beberapa
faktor baik intern maupun ekstern. Fakto-faktor tersebut diantaranya adalah
motivasi, cara belajar, dan lingkungan keluarga. Permasalahan dalam penelitian
ini: (1) Bagaimana motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga di kelas
VII SMP Negeri 2 pegandon? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar, cara belajar
dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VII SMP
Negeri 2 Pegandon baik secara parsial maupun simultan? (3) Seberapa besar
pengaruh motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi
belajar IPS Ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Pegandon baik secara parsial
maupun simultan?
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Pegandon yang
berjumlah 216. Pengambilan sampel berjumlah 70 siswa ditentukan dengan teknik
random sampling. Analisis data meliputi Analisis deskriptif persentase, uji
normalitas, multikolinieritas, heteroskesdastisitas, uji regresi linier berganda, dan
uji hipotesis menggunakan uji F, uji t, Koefisien determinasi (R 2 ), Koefisien
determinasi parsial (r 2 ).
Berdasarkan hasil penelitian, masing-masing variabel moivasi belajar
termasuk dalam kriteria tinggi, cara belajar tinggi,dan lingkungan keluarga juga
tinggi. Berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh model regresi Y = 2,883 +
0,621X1 + 0,576X2 +0,327X3 . Uji Hipotesis regresi dengan menggunakan uji F,
diperoleh Fhitung = 38,539 dengan taraf signifikansi 0,000 berarti terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan
keluarga terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Besarnya pengaruh motivasi
belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS
Ekonomi siswa kelas VII SMP N 2 Pegandon Kabupaten Kendal mencapai
63,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan
hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap
prestasi belajar IPS Ekonomi secara simultan dan parsial. Oleh karena itu peneliti
menyarankan guru hendaknya memberikan penugasan lebih agar siswa lebih
bertanggungjawab dalam belajar untuk menunjang prestasinya dan siswa
diharapkan untuk labih meningkatkan cara belajar dengan membuat jadwal,
membaca, mencatat dan latihan-latihan soal. Serta keluarga hendaknya
meningkatkan cara mendidik anak dengan memperhatikan keteraturn belajar, membina relasi antar keluarga dan menyediakan fasilitas belajar.