Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Uki Hares Yulianti , 2101407024
Subject
PI1 Indonesia
Datestamp
2015-04-25 07:42:11
Abstract :
BSE (Buku Sekolah Elektronik) dipilih karya untuk dianalisis, karena
sekarang dianjurkan buku teks yang digunakan di tiap-tiap sekolah adalah BSE.
Buku teks BSE sekarang wajib dibaca siswa sesuai dengan KTSP. Selain itu, BSE
merupakan buku yang telah mengalami proses penilaian buku teks pelajaran dan
disahkan oleh BSNP, dan buku teks pelajaran ini hak ciptanya telah dibeli oleh
Departemen Pendidikan Nasional.
Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana
kualitas kelayakan isi, (2) kelayakan penyajian, (3) kelayakan bahasa, dan (4)
perbandingan Buku Sekolah Elektronik (BSE) bahasa Indonesia SMP kelas VII
karya Ratna Susanti, Atikah Anindyarini-Sri Ningsih, dan Maryati-Sutopo?
Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kualitas isi, penyajian, bahasa dan perbandingan Buku Sekolah Elektronik (BSE)
bahasa Indonesia SMP kelas VII karya Ratna Susanti, Atikah Anindyarini-Sri
Ningsih, dan Maryati-Sutopo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
analisis isi. Data penelitian ini adalah pola kajian isi, penyajian, dan bahasa.
Sumber data penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia SMP kelas VII yaitu
Buku Sekolah Elektronik (BSE), karya Ratna Susanti, Atikah Anindyarini-Sri
Ningsih, dan Maryati-Sutopo. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
baca, pilah dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
data secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan isi BSE bahasa
Indonesia kelas VII karya Ratna Susanti sudah sangat baik dengan rata-rata
persentase 93,4%, BSE bahasa Indonesia kelas VII karya Atikah Anindyarini-Sri
Ningsih sudah sangat baik dengan rata-rata persentase 79,4%, sedangkan untuk
BSE bahasa Indonesia kelas VII karya Maryati-Sutopo juga sudah sangat baik
dengan rata-rata persentase 85,5%. Kelayakan pola penyajian BSE bahasa
Indonesia kelas VII karya Ratna Susanti sudah sangat baik dengan rata-rata
persentase 80,4%, BSE bahasa Indonesia kelas VII karya Atikah Anindyarini-Sri
Ningsih sudah sangat baik dengan rata-rata persentase 76,8%, sedangkan untuk
BSE bahasa Indonesia kelas VII karya Maryati-Sutopo juga sudah baik dengan
rata-rata persentase 75%. Kelayakan bahasa BSE bahasa Indonesia kelas VII
karya Ratna Susanti sudah sangat baik dengan rata-rata persentase 98%, BSE
bahasa Indonesia kelas VII karya Atikah Anindyarini-Sri Ningsih sudah sangat
baik dengan rata-rata persentase 90,3%, sedangkan untuk BSE bahasa Indonesia
kelas VII karya Maryati-Sutopo juga sudah sangat baik dengan rata-rata
persentase 94,5%. Hasil penelitian tersebut menghasilkan ketiga BSE tersebut
yang paling baik adalah karya Ratna Susanti, kemudian Atikah Anindyarini-Sri
Ningsih, dan yang terakhir Maryati-Sutopo.
Berdasarkan analisis tersebut, kesimpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah ketiga BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII tersebut
sudah layak dan dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran bagi guru
dengan rata-rata penilaian kurang lebih 90%. Saran yang dapat diberikan antara
lain, BSE karya Atikah Anindyarini-Sri Ningsih perlu memperhatikan kriteria
subaspek keakuratan dalam pemilihan contoh, dan kesesuaian
fitur/contoh/latihan/rujukan agar dalam hal pemilihan contoh baik wacana, cerpen,
puisi, maupun drama sesuai dengan tingkat perkembangan siswa kelas VII dan
mengandung keunggulan nilai-nilai moral. Pada kelayakan pola penyajian BSE
karya Ratna dalam penyajiannya perlu dicantumkan SK dan KD yang hendak
dicapai siswa kelas VII. Adapun, pada BSE karya Maryati-Sutopo hendaknya
pada akhir bab atau pokok bahasan disertakan evaluasi dan rujukan.