Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
zulfianti elfani, 2303407010
Subject
Sastra
Datestamp
2011-11-29 05:15:32
Abstract :
ABSTRAK
Elfani, Zulfianti. 2011. Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata ( ?????? ) untuk Memahami Wacana
Tertulis Bahasa Arab Melalui Penerapan Teknik Demonstrasi dan Asosiasi pada Siswa Kelas VIIIA
Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Sumurrejo Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas
Negeri Semarang. Pembimbing I : Hasan Busri, S.Pd.I., M.S.I. Pembimbing II : Zukhaira, S.S.,
M.Pd.
Kata kunci: penguasaan kosakata, wacana tertulis, teknik demonstrasi dan asosiasi.
Penguasaan kosakata siswa kelas VIIIA Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Sumurrejo masih rendah.
Hal ini disebabkan oleh faktor intern siswa yang kurang tertarik pada pembelajaran bahasa Arab dan
berlanjut pada kesulitan siswa dalam memahami wacana tertulis bahasa Arab. Kesulitan yang dihadapi
siswa itu ditandai dengan beberapa hal seperti siswa kesulitan menemukan ide wacana, merespon
pertanyaan tentang wacana, menerapkan kosakata yang terkalit dalam kalimat karena minimnya
penguasaan kosakata. Pembelajaran pemahaman wacana tertulis banasa Arab yang cenderung masih
bersifat teoretis informatif, bukan apresiatif produktif juga mempengaruhi proses kreatif siswa, sehingga
mengakibatkan kemampuan apresiasi dan kemampuan penguasaan kosakata kurang maksimal.
Peningkatan penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab perlu dilakukan
dengan teknik yang berdaya guna. Melalui teknik demonstrasi dan asosiasi diharapkan menjadi teknik
yang tepat guna dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VIIIA Madrasah Tsanawiyah Al-
Islam Sumurrejo.
Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana proses penguasaan
kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab melalui penerapan teknik demonstrasi dan
asosiasi pada siswa kelas VIIIA Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Sumurrejo tahun ajaran 2010-2011.
Seberapa besar peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas VIIIA Madrasah Tsanawiyah Al-Islam
Sumurrejo setelah menggunakan teknik demonstrasi dan asosiasi serta bagaimana peribahan perilaku
belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran proses penguasaan kosakata
untuk memahami wacana tertulis siswa, peningkatannya dan untuk mendeskripsikan perubahan
perilaku siswa kelas VIIIA Madrassah Tsanawiyah Al-Islam Sumurrejo setelah mengikuti pembelajaran
penguasaan kosakata untuk memahami wacana bahasa Arab menggunakan teknik demonstrasi dan
asosiasi.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap,
yaitu tahap Siklus I dan Siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA Madrasah Tsanawiyah Al-
Islam Sumurrejo tahun ajaran 2010-2011. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes
dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, wawancara, pedoman angket dan
dokumentasi foto. Analisis datanya meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa setelah mengikuti pembelajaran penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa
Arab melalui teknik deonstrasi dan asosiasi, maka nilai rata-rata siswa kelas VIIIA Madrasah Tsanawiyah
Al-Islam Sumurrejo mengalami peningkatan sebesar 8.80%. pada siklus I pertemuan pertama
mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78.33 dan 83.42 pada pertemuan kedua. Maka diperoleh hasil
prosentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 6.50%. Sedangkan pada siklus II
pertemuan pertama diperoleh nilai rata- rata sebesar 84.13 dan 93.46 pada pertemuan kedua. Maka
diperoleh hasil prosentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II adalah sebesar 11.09%. Sikap dan
perilaku siswa juga menunjukkan perubahan yang positif. Siswa lebih tertarik dan antusias dalam
pembelajaran penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab.
Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik demonstrasi dan asosiasi mampu
meningkatkan penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab siswa kelas VIIIA
Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Sumurrejo tahun ajaran 2010/1011. Saran yang dapat peneliti sampaikan
adalah guru hendaknya mampu memilih teknik dan media yang tepat guna dalam Di dalam
pembelajaran Bahasa Arab, khususnya pada penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis, guru
seyogyanya lebih kreatif menggunakan teknik pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa, sehingga
suasana kelas lebih menyenangkan. Siswa harus selalu dilibatkan dalam pembelajaran penguasaan
kosakata untuk memahami wacana tertulis sehingga siswa tidak merasa bosan dengan mata pelajaran
Bahasa Arab.