Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Choirul Ibad , 4201403029
Subject
QC Physics
Datestamp
2011-11-29 05:15:29
Abstract :
ABSTRAK
Ibad, Choirul. 2010. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Kognitif Pokok Bahasan Radiografi Sinar-X Mahasiswa Fisika Unnes Semester Genap
2009/2010. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas
Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Siti Khanafiyah, M.Si., Pembimbing II: Dra. Pratiwi
Dwijananti, M.Si.
Kata kunci: Hasil belajar kognitif, Bahan ajar berbasis web
Media pembelajaran berupa bahan ajar berbasis web merupakan media yang efektif untuk
meningkatkan hasil belajar kognitif berbagai macam materi terutama yang bersifat abstrak di
jurusan fisika. Pembelajaran untuk materi yang bersifat abtrak masih banyak menggunakan
metode ceramah khususnya materi radiografi sinar-X. Materi radiografi sinar-X sangat penting di
jurusan fisika karena materi ini diberikan pada matakuliah, fisika sekolah menengah dua, fisika
radiasi dan fisika nuklir kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dan kondisi
pelaksanaan pembelajaran radiografi sinar-X menggunakan bahan ajar berbasis web serta apakah
terjadi peningkatan hasil belajar.
Penelitian ini berupa Pre Experimental Design dengan desain pre-test dan post-test group.
Lokasi penelitian di Laboratorium komputasi fisika FMIPA UNNES. Subjek penelitian adalah
mahasiswa yang mengambil matakuliah komputasi fisika rombel 3 pada semester genap
2009/2010 yang berjumlah 29 orang. Data penelitian berupa hasil diskusi pembelajaran dan hasil
belajar kognitif diperoleh dari test. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
uji g(gain) dan uji t sepihak..
Hasil analisis statistik uji g terhadap hasil belajar mahasiswa terjadi peningkatan dalam
kategori tinggi dengan nilai rata-rata pretest 34,4 dan posttest 86,7 serta diperoleh nilai
thitung>ttabel, maka dapat dikatakan hasil belajar mahasiswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan
bahan ajar berbasis web.
Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah kepada pembaca calon
atau pengajar materi khusus radiografi sinar-X, agar dapat dijadikan pertimbangan tersendiri
dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis
web menggunakan metode diskusi.
.