Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Ahmad Farid Mustofa , 5201405522
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2011-11-29 05:15:16
Abstract :
ABSTRAK
Farid, Ahmad. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pemberian Tugas Presentasi Pada
Kompetensi Perbaikan Sistem Pengapian Konvensional Siswa Kelas XI Semester II
Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Smk Palapa Semarang. Skripsi, Jurusan
Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.
Penelitian ini mengungkapkan permasalahan, yaitu Adakah peningkatan hasil belajar
siswa kelas XI SMK Palapa pada kompetensi sistem pengapian konvensional dengan pemberian
tugas presentasi?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil
belajar siswa melalui pemberian tugas presentasi kelas XI SMK Palapa Semarang pada
kompetensi perbaikan sistem pengapian.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MO 1 program keahlian teknik kendaraan
ringan SMK Palapa Semarang tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diartikan sebagai salah satu strategi
pemecah masalah yang memanfaatkan tindakan nyata yang berbentuk proses pengembangan
inovatif dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Pada penelitian ini, peneliti berperan
sebagai pengajar yang memberikan tugas kepada siswa untuk mempresentasikan materi sistem
pengapian konvensional dengan bantuan media power point, sedangkan guru sebagai pengamat
yang akan mengamati peneliti dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan juga mengamati
keadaan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas presentasi pada siswa
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan pada
kompetensi sistem pengapian konvensional SMK Palapa Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan
meningkatnya nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Pada siklus I diperoleh nilai
rata-rata sebesar 69,00 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 67,50%. Sedangkan
hasil belajar pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,20 dan persentase ketuntasan
belajar sebesar 85,00%. Jadi ada peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 10,20, dengan
persentase ketuntasan juga mengalami kenaikkan sebesar 17,50%. Hasil belajar siklus II sudah
memenuhi standar kriteria yang ditetapkan, dari nilai rata-rata yang ditetapkan sebesar 70, pada
siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,20, dan dari persentase belajar yang ditetapkan 75 %, pada
siklus II diperoleh persentase belajar sebesar 85,00%. Jadi pembelajaran menggunakan metode
pemberian tugas presentasi pada kompetensi sistem pengapian konvensional siswa lebih efektif
dari pembelajaran yang sebelumnya..Guru diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam
melakukan pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar dengan maksimal sehingga
diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat.
Kata kunci : peningkatan hasil belajar, pemberian tugas presentasi, kompetensi sistem
perbaikan sistem pengapian konvensional.