Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
LAELA MELVA SYAFRIDA , 1402908169
Subject
L Education (General)
Datestamp
2011-11-29 05:14:03
Abstract :
Syafrida, Laela Melva. 2010. Pembelajaran Matematika Berbasis
Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri dan Pengukuran
Pada Siswa Kelas V SD Negeri Brebes 10. Skripsi. Jurusan PGSD. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: 1. Dra.Noening
Andrijati, M.Pd. 2. Drs. Sigit Yulianto.
Kata Kunci : Pendekatan kontekstual dan Hasil belajar matematika.
Hasil belajar matematika dengan materi geometri dan pengukuran di kelas
V SD Negeri Brebes 10 masih rendah, disebabkan siswa cenderung pasif, siswa
kurang terlibat dalam pembelajaran, serta guru masih menggunakan metode
ceramah. Keadaan ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan, siswa kurang
memahami konsep dan tidak menemukan sendiri pengetahuannya menyebabkan
kualitas pembelajaran matematika dan hasil belajar rendah. Berdasarkan uraian
di atas peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran kontekstual. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini
adalah Bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil
belajar matematika pada materi geometri dan pengukuran di kelas V SD Negeri
Brebes 10. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada materi
geometri dan pengukuran di kelas V SD Negeri Brebes 10.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Brebes 10 sebanyak 26
siswa, penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dilakukan dengan 2 siklus.
Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif analisis
data kualitatif. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa, aktivitas belajar
siswa dan performansi guru.
Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa siswa
secara klasikal pada pra siklus sebesar 55% pada siklus I sebesar 58%,
kemudian siklus II meningkat menjadi 70% atau terjadi peningkatan sebesar
12%. Selain hasil belajar, aktivitas siswa seperti keaktifan siswa dalam
pembelajaran juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73% meningkat
pada siklus II menjadi 80% atau terjadi peningkatan sebesar 7%. Kemudian
performansi guru pada siklus I sebesar 73,4% meningkat pada siklus II menjadi
86%.
Dari hasil penelitian, simpulan yang diambil adalah pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil
pembelajaran di kelas V SD Negeri Brebes 10, ditunjukkan dengan:
meningkatnya perolehan hasil belajar siswa, meningkatnya keaktifan siswa
dalam pembelajaran matematika serta meningkatnya performansi guru dalam
proses pembelajaran geometri dan pengukuran, serta pendekatan kontekstual
dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SD N Brebes 10 yang
ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata kelas dan meningkatnya jumlah siswa
iii
yang mendapat nilai ? 60 dan juga meningkatkan performansi guru dalam
pembelajaran matematika pada materi geometri dan pengukuran di kelas V SD
N Brebes 10 hal ditunjukan adanya perubahan positif dalam pembelajaran
matematika dengan merubah pembelajaran konvensional kearah pembelajaran
kontekstual yang dapat mengaktifkan siswa serta meningkatkan hasil belajar
pada materi geometri dan pengukuran.