Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Hermawanti Pujiyanti , 2101406572
Subject
PI1 Indonesia
Datestamp
2011-11-29 05:13:07
Abstract :
Pujiyanti, Hermawanti. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan
Pengalaman Pribadi Mengguanakan Metode PIKA-RAKA pada siswa kelas VII D
SMP Negeri 02 Weleri Kabuppaten Kendal. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I:
Drs. Wagiran M. Hum, dan pembimbing II: Hari Bakti M. Hum.
Kata kunci : keterampilan menulis, pengalaman pribadi, karangan narasi dan metode
PIKA-RAKA.
Kemampuan siswa kelas VII D SMP N 02 Weleri untuk menulis karangan narasi
berdasarkan pengalaman pribadi masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti
memberikan solusi dengan menggunakan metode PIKA-RAKA. Metode PIKA-RAKA adalah
metode dalam menulis karangan dengan cara memilih kata kemudian dirangkai menjadi sebuah
karangan.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan
keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas VII D
SMP Negeri 02 Weleri, Kabupaten Kendal setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan
narasi dengan metode PIKA-RAKA; (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa setelah
mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan
metode PIKA-RAKA. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan
keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa setelah
mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode PIKA-RAKA; (2)
mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi
dengan mengguanakan metode PIKA-RAKA.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 02 Weleri Kabupten Kendal.
Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menulis karangan
narasi berdasarkan pengalaman pribadi dan penggunaan metode PIKA-RAKA. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II,
dengan batas ketuntasan yaitu 70. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Pengambilan data dilakukan untuk data tes dan nontes. Teknik analisa data yang
digunakan secara kuantitatif untuk data tes dan secara kualitatif untuk data nontes. Alat
pengambilan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, dan
pedoman jurnal.
Berdasarkan hasil analisis data, hasil tes rata-rata pada prasiklus sebesar 57,94 berada
pada kategori kurang. Siklus I sebesar 60,03 berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus
II sebesar 76,32 berada pada kategori baik. Selisih nilai rata-rata siswa pada prasiklus dan siklus
II sebanyak 18,38 dan mengalami peningkatan sebesar 23,31%. Perubahan tingkah laku siswa
dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Hasil data nontes siklus I, masih tampak
perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa
semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang diberikan antara lain: (1) para guru mata
pelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebaiknya dapat memanfaatkan metode PIKA-RAKA
karena terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan dapat berpikir kritis
terhadap tugas-tugas yang dikerjakannya; (2) para peneliti di bidang bahasa dapat melakukan
penelitian serupa dengan mengguanakan metode pembelajaran yang berbeda, sehingga
didapatkan berbagai alternatif metode pembelajaran menulis karangan narasi yang dapat
meningkatkan keterampilan siswa menjadi lebih baik.