DETAIL DOCUMENT
(ABSTRAK) STUDI DISKRIPTIF TENTANG PENYESUAIAN DIRI SISWA BERPRESTASI RENDAH PADA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SRAGEN TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Novika Nur Oktavia , 1301404009
Subject
Bimbingan dan Konseling, S1 
Datestamp
2011-11-29 05:08:55 
Abstract :
Kriteria Ketuntasan Minimal merupakan nilai minimal yang harus dicapai oleh siswa pada setiap mata pelajaran yang ditetapkan sebelum awal tahun ajaran dimulai. Kriteria Ketuntasan Minimal menunjukkan persentase tingkat pencapaian kompetensi sehingga dinyatakan dengan angka maksimal 100 yang merupakan kriteria ideal. Target nasional yang di harapkan mencapai minimal 75, akan tetapi masih ada siswa yang nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal sehingga nilainya tertinggal dari siswa yang nilainya mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran penyesuaian diri siswa berprestasi rendah pada kelas X di SMK Negeri 1 Sragen tahun pembelajaran 2010/ 20011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sragen tahun pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 428 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yakni teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu sehingga dari jumlah populasi diperoleh 80 siswa yang nilainya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal akan dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan skala psikologi berupa skala penyesuaian diri. Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% dan jumlah responden 80 siswa sehingga diperoleh rtabel = 0,329. Item dikatakan valid jika rhitung > rtabel. Penghitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha menunjukkan angka 0,925, oleh karena itu instrumen dinilai reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar kemampuan untuk penyesuaian Diri Siswa Berprestasi Rendah pada kelas X di SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pembelajaran 2010-2011 rata-rata termasuk dalam kategori tinggi, hasil ini terlihat bahwa sebagian besar siswa yaitu 75,31%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa adalah faktor intern dari siswa sendiri yaitu faktor fisiologis dan psikologis yang yang mempengaruhi terhadap proses belajar meliputi faktor kecerdasan, faktor bakat, faktor minat dan perhatian,faktor motivasi dari siswa,dan faktor emosi siswa . Berdasarkan hasil penelitian tersebut Bagi siswa, perlunya belajar lebih rajin supaya prestasi belajar lebih baix, agar mampu mencapai KKM dan prestasinya tidak tertinggal dari teman-teman yang mampu mencapai KKM. Sedangkan bagi guru, menjalin komunikasi yang positif antara siswa dan guru sangat diperlukan, sehingga masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa yang berhubungan dengan semakin rendahnya prestasi belajar, siswa dapat berkosultasi dengan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tesebut. 

File :
10098A.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang