Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Meli Rahmawati , 3101406025
Subject
D History (General)
Datestamp
2011-11-29 05:12:08
Abstract :
Rahmawati, Meli. 2010. Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1
Banjarnegara Tahun Ajaran 2009/2010 Melalui Penerapan Model Kancing Gemerincing .
Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Sejarah, Model Kancing Gemerincing
Hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Banjarnegara
menunjukan bahwa siswa kurang tertarik dalam pembelajaran sejarah karena bersifat hafalan.
Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah masih kurang,
sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang
diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 tersebut adalah
model kancing gemerincing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah
penggunaan model kancing gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas
XI IPS SMA N 1 Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010? (2) Bagaimanakah tanggapan siswa
kelas XI IPS 1 terhadap penggunaan model kancing gemerincing. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui penggunaan model kancing gemerincing dalam meningkatkan prestasi belajar
sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010 dan untuk
mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kancing gemerincing yang telah
diterapkan .
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.
Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1Banjarnegara yang berjumlah 40
siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil apabila ketuntasan belajar siswa yaitu
sekurang-kurangnya 75% dari seluruh siswa, dengan nilai tes yang didapat ?70. Data tentang
aktivitas belajar siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Data tersebut kemudian dianalisis
dengan statistika deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan perhitungan nilai
rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I setelah diadakan penelitian
diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,8 dengan ketuntasan klasikal 65% dan pada siklus II nilai
rata-rata meningkat menjadi 76,8 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Dengan demikian
penerapan model pembelajaran kancing gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara. Saran yang diutarakan berkaitan dengan penelitian
pada skripsi ini sebagai berikut : Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model
kancing gemerincing memerlukan manajemen waktu yang baik oleh guru, sehingga pada saat
diskusi siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik, sehingga
pengajaran dengan menggunakan model kancing gemerincing dapat dijadikan alternatif bagi
guru dalam pembelajaran sejarah