DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PENERAPAN MODEL KANCING GEMERINCING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Meli Rahmawati , 3101406025
Subject
D History (General) 
Datestamp
2011-11-29 05:12:08 
Abstract :
Rahmawati, Meli. 2010. Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2009/2010 Melalui Penerapan Model Kancing Gemerincing . Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Sejarah, Model Kancing Gemerincing Hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Banjarnegara menunjukan bahwa siswa kurang tertarik dalam pembelajaran sejarah karena bersifat hafalan. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah masih kurang, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 tersebut adalah model kancing gemerincing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan model kancing gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010? (2) Bagaimanakah tanggapan siswa kelas XI IPS 1 terhadap penggunaan model kancing gemerincing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model kancing gemerincing dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010 dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kancing gemerincing yang telah diterapkan . Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1Banjarnegara yang berjumlah 40 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil apabila ketuntasan belajar siswa yaitu sekurang-kurangnya 75% dari seluruh siswa, dengan nilai tes yang didapat ?70. Data tentang aktivitas belajar siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan perhitungan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,8 dengan ketuntasan klasikal 65% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,8 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kancing gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara. Saran yang diutarakan berkaitan dengan penelitian pada skripsi ini sebagai berikut : Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kancing gemerincing memerlukan manajemen waktu yang baik oleh guru, sehingga pada saat diskusi siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik, sehingga pengajaran dengan menggunakan model kancing gemerincing dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran sejarah 

Institution Info

Universitas Negeri Semarang