Abstract :
Rohmanah, 2010. Penerapan Medai Gambar Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan
Deskripsi pada Siswa SD Negeri Pamedaran 02 Kecmatan Ketanggungan Kabupaten
Brebes. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing :
1. Drs. HY. Poniyo, M. Pd; 2. Drs. Suwandi, M. Pd. 128 halaman.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Media Gambar
Kemampuan menulis merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Tanpa menguasai keterampilan menulis, maka akan mengalami kesulitan di masa mendatang atau
tingkat sekolah lanjutannya. Penulis ingin mencari pemecahan masalah, mengingat rendahnya
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa, sehingga penelitian ini dititikberatkan pada
keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SD
Negeri Pamedaran 02 melalui penerapan media gambar.
Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SD Negeri Pamedaran 02Kecamatan
Ketanggungan Kabupaten Brebes sebanyak 28 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan teknik nontes.
Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang
dianalisis secara kuantitatif adalah tes essai menulis karangan deskripsi, melalui penerapan media
gambar. Sedangkan data yang dianalisis secara kualitatif adalah data nontes yang yang diperoleh dari
pemantauan serta perubahan yang dilakukan pada waktu pengamatan, wawancara siswa, dan hasil
jurnal siswa. Langkah menganalisis data kualitatif ini adalah dengan menganalisis lembar observasi
yang telah diisi pada saat pembelajaran dan mengklasifikasikannya.
Skor yang dicapai mengalami peningkatan, pada pratindakan skor rata-rata adalah 63,8. Pada
siklus I pembelajaran menulis desksipsi melalui media gambar skor rata-rata72,4. Pada siklus II skor
rata-rata78,4 yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 6,0%. Dari pratindakan mengalami
peningkatan sebesar 8,6%. Sehingga dari pratindakan mengalami peningkatan sebesar 14,6%.
Siswa kelas IV SD Negeri Pamedaran 02 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes
merasa senang dengan penerapan media gambar, dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi.
Siswa lebih antusias dalam menulis karangan deskripsi, karena dengan media gambar mereka lebih
cepat dalam menentukan tema, dan berimajinasi. Dalam pembelajaran siswa tidak mengalami
kesulitan dan tidak bosan. Pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui penerapan media
gambar mampu mengubah perilaku siswa. Perubahan perilaku tersebut terlihat pada kesenangan dan
keantusiasan siswa dalam menulis karangan deskripsi.