Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
R i f a ‘ i, 5301909004
Subject
TK Electrical and Electronic Engineering
Datestamp
2011-11-29 05:13:02
Abstract :
Rifa?i, 2010. Pembelajaran Dengan Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Sebagai Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Pokok Bahasan Membuat Dokumen
Pengolah Angka Kelas VIII SMP 2 Kudus.
Skripsi Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Program Studi S1 Universitas
Negeri Semarang. Drs.Slamet Seno Adi, M.Pd, M.T., Pembimbing I. Drs R Kartono, M.Pd.,
Pembimbing II.
Kata Kunci: Pembelajaran, bermakna, keaktivan siswa
Pembelajaran di lingkungan sekolah, biasanya hanya beberapa bahkan sebagian kecil saja
yang berani bertanya, mengemukaan pendapat, atau menyanggah dalam kegiatan belajar
mengajar setiap hari. Hal ini mungkin dikarenakan rasa takut dianggap bodoh atau sanksi apakah
pertanyaan yang nanti diajukan terlalu mudah atau anggapan lain, oleh kerena itu perlu adanya
suatu bentuk pembelajaran yang bisa mengurangi anggapan tersebut. Guru harus berusaha agar
siswa mampu memahami konsep rumus dan fungsi salah satunya dengan menggunakan model
pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil
belajar mata pelajaran TIK dengan menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada siswa
kelas VIII SMP.
Populasi penelitian adalah kelas VIII berjumlah 180 orang sampel yang digunakan 1(satu)
kelas sebanyak 36 siswa yang diambil secara random. Pengolahan data menggunakan kuantitatif
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pembelajaran maupun hasil belajar siswa
setelah menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran siklus I
dan siklus II
Disarankan bahwa guru dapat meningkatkan profesionalisme mengajar. Hendaknya guru
dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan dapat memilih metode yang sesuai.