Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Nisa Arifa Lutfiana , 2101406635
Subject
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Datestamp
2011-11-29 05:13:29
Abstract :
SARI
Lutfiana, Nisa Arifa. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan
Metode Group Investigation pada Siswa Kelas X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang.
Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas
Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Wagiran, M.Hum., Pembimbing II : Drs.
Haryadi, M.Pd.
Kata kunci : keterampilan menulis, paragraf deskripsi, metode group investigation
Keterampilan menulis paragraf deskripsi merupakan salah satu keterampilan berbahasa
yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Pada
kenyataannya banyak siswa yang beranggapan bahwa keterampilan berbahasa yang paling sulit
ialah keterampilan menulis paragraf deskripsi. Hal ini disebabkan, karena sebagian besar siswa
kurang memperhatikan dan menganggap mudah materi menulis paragraf deskripsi sehingga hasil
yang diperoleh tidak maksimal. Selain itu, guru jarang menggunakan metode pembelajaran
sebagai metode penyampaian materi pada siswa.
Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini memang mengkaji dua masalah, yaitu (1)
bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X-5 SMA PGRI
1 Taman Pemalang dengan menggunakan metode group investigation dan ; (2) bagaimanakah
perubahan perilaku siswa kelas X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang setelah mendapatkan
pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan metode group investigation.
Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode group
investigation pada siswa kelas X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang dan untuk mendeskripsikan
perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf
deskripsi melalui metode group investigation.
Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode
group investigation dengan target keberhasilan dari setiap siswa pada proses pembelajaran
prasiklus, siklus I, dan siklus II ditetapkan nilai batas tuntas yaitu 70 % dan nilai batas rata-rata
kelas 75%. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam
dua siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa
keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode group investigation. Teknik nontes
berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, catatan harian, wawancara, dan dokumentasi
(foto) kepada siswa X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Teknik analisis data kualitatif
meggunakan deskripsi kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil
tes siklus I dan siklus II.
Hasil analisis data penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi pada prasiklus,
siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan. Pada hasil tes prasiklus diperoleh skor rata-rata
klasikal sebesar 58,41 dengan kategori cukup. Pada hasil tes siklus I diperoleh skor rata-rata
klasikal sebesar 68,85 dengan kategori cukup. Pada hasil tes siklus II diperoleh skor rata-rata
klasikal sebesar 78,63 dengan kategori baik. Peningkatan keterampilan menulis paragraf
deskripsi pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Hal tersebut
terlihat pada keaktifan siswa dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta siswa
merasa senang dan tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan
metode group investigation.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf
deskripsi dengan metode group investigation pada siswa X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang
mengalami peningkatan. Penulis menyarankan kepada guru bahasa Indonesia sebaiknya
memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran, yaitu dengan penerapan metode pembelajaran
yaitu metode group investigation dalam pembelajaran menulis untuk menumbuhkan minat dan
ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis yang dapat dijadikan alternatif untuk
membelajarkan keterampilan menulis paragraf deskripsi.