Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Nurul Fitriana, 3101406040
Subject
D History (General)
Datestamp
2011-11-29 05:18:48
Abstract :
Fitriana, Nurul. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Strategi Question
Student Have dengan Bantuan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1
Weleri Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu
Sosial Universitas Negeri Semarang. Drs. Karyono, M.Hum dan Insan Fahmi Siregar, S.Ag.,
M.Hum.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Question Student Have, Metode Diskusi Kelompok.
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami
aktivitas belajar. Siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Weleri memiliki hasil belajar yang kurang
maksimal. Hal ini dibuktikan masih banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang telah
ditentukan oleh sekolah khususnya dalam pembelajaran sejarah. Penyebabnya adalah kurangnya
kemampuan guru dalam menstimulus siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga siswa
bersifat pasif. Strategi Question Student Have merupakan salah satu strategi pembelajaran yang
mampu meningkatkan kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran dan menstimulus
siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dengan bantuan metode diskusi kelompok diharapkan
mampu memperlancar proses pembelajaran dan merangsang kerjasama yang positif antar siswa
sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah strategi Question Student
Have dengan bantuan metode diskusi kelompok pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran
2009/2010?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan strategi Question
Student Have dengan bantuan metode diskusi kelompok yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek
penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Weleri Kendal tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian difokuskan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi Question Studen Have
dengan bantuan metode diskusi kelompok dalam proses pembelajaran di kelas. Data diperoleh
melalui hasil tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi Question Student Have
dengan bantuan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kinerja
guru dan keaktifan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan
meningkatnya hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Weleri Kendal tahun pelajaran
2009/2010. Terbukti dengan sebelum diadakan penelitian, hasil belajar sejarah siswa diperoleh
nilai rata-rata 68,67 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 46,1%. Setelah dilaksanakan
penelitian tindakan kelas diperoleh nilai rata-rata 71 pada siklus I dengan persentase ketuntasan
klasikal 64,1%. Kemudian pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar sejarah siswa yaitu
nilai rata-rata 82,4 dengan ketuntasan klasikal 89,7%. Pada siklus II nilai rata-rata dan ketuntasan
klasikal telah mencapai indikator keberhasilan ketuntasan minimal yaitu nilai ketuntasan belajar
? 70 dengan ketuntasan klasikal 85%.
Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah strategi pembelajaran Question
Student Have mampu meningkatkan kinerja guru dan juga mampu mengaktifkan siswa dalam
suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa
setelah mengalami proses pembelajaran. Disarankan kepada guru perlu mengupayakan variasi
strategi maupun metode dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah. Guru
sejarah dapat menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have dengan bantuan
metode diskusi kelompok sebagai salah satu alternatif atau solusi dalam pembelajaran sejarah
untuk meningkatkan keaktifan, pemahaman, dan hasil belajar siswa serta menjadikan
pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan.