Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Hidayah Hidzyam Diniy , 4301406064
Subject
QD Chemistry
Datestamp
2011-11-29 06:27:39
Abstract :
Diniy, Hidayah Hidzyam.2010. Pengaruh Penggunaan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Chemo-
Edutainment dalam Pembelajaran Kimia Materi Larutan Asam Basa Terhadap Hasil Belajar
Siswa. Skripsi, Jurusan Kimia,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang. Dosen
Pembimbing I: Dra.Saptorini, M.Pi.; Dosen Pembimbing II: Drs. Sigit Priatmoko, M.Si.
Kata Kunci: Sirkuit Cerdik, Chemo Edutainment, Hasil Belajar
Berbagai upaya yang dapat dilaksanakan untuk mewujudkan peningkatan kualitas
pendidikan antara lain dengan peningkatan kualitas proses dan hasil belajar di setiap jenjang dan
tingkat pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penggunaan media belajar
sebagai alat bantu yang berguna dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dapat mewakili
sesuatu yang tidak dapat disampaikan guru via kata-kata atau kalimat. Pengembangan variasi
mengajar yang dilakukan oleh guru pun salah satunya adalah dengan memanfaatkan variasi alat
bantu yang memiliki tujuan, di antaranya meningkatkan dan memelihara perhatian peserta didik
terhadap relevansi proses belajar mengajar serta mendorong anak untuk belajar. Pengembangan
variasi alat bantu dalam pembelajaran kimia adalah penggunaan media chemo edutainment, salah
satu di antaranya berupa media permainan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sirkuit cerdik terhadap
hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia materi pokok larutan asam basa. Sirkuit cerdik
adalah sebuah media permainan yang merupakan pengembangan media chemo edutainment.
Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kudus tahun ajaran 2009/2010
sebanyak 196 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
cluster random sampling. Dari hasil random terpilih XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah siswa sebanyak 39 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa
sebanyak sebanyak 40. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas
ekperimen sebesar 70,17; sedangkan kelas kontrol 61,00. Hasil analisis ini menunjukkan adanya
perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui analisis metode
korelasi diperoleh angka r=0,638, sehingga signifikan dengan harga koefisien determinasi
sebesar 40,68% yang berarti penggunaan sirkuit cerdik memiliki kontribusi sebesar 40,68%
terhadap hasil belajar siswa, sedangkan 59,32% dijelaskan oleh faktor lainnya. Selain itu, hasil
analisis data observasi menunjukkan bahwa hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata aspek
psikomotorik kelas eksperimen sebesar 82,80 sedangkan kelas kontrol sebesar 72,57. Untuk
aspek afektif rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 84,10 sedangkan kelas kontrol sebesar
77,69. Kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal sedangkan kelas kontrol belum.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sirkuit cerdik berpengaruh
positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia materi pokok larutan asam basa.