Abstract :
Kustanto. 2010. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted
Individualization (TAI) Berbantuan Web eXe Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1
Rembang-Purbalingga Materi Pokok Hidrokarbon. Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr.
Sudarmin, M.Si, Pembimbing II: Dra. Saptorini HS, M.Pi.
Kata Kunci : pengaruh, Team Assisted Individualization (TAI), web eXe, hasil belajar.
Seiring dengan kemajuan sistem Teknologi Informasi (TI), dunia pendidikan
senantiasa bergerak maju secara dinamis, khususnya untuk menciptakan media,
metode dan materi pendidikan yang semakin menarik, interaktif dan komprehensif.
Sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerja
sama satu sama lain adalah pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, peneliti
menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI)
berbantuan web eXe agar siswa lebih mudah memahami materi, sehingga siswa akan lebih
mantap dalam penguasaan konsep. Penggunakan bahan ajar berbantuan web akan
mengoptimalkan proses pembelajaran karena pemerolehan informasi tidak terbatas tempat
dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran
kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe terhadap hasil belajar
kimia ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan
secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X.3 sebagai kelas
eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran
kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe dan kelas X.6 sebagai
kelas kontrol yang hanya mendapatkan pembelajaran secara konvensional setelah dilakukan
uji homogenitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode
dokumentasi, tes, observasi dan angket. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji
homogenitas dan Uji Anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji
kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel,
penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Diperoleh
kesimpulan hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata penggunaan pendekatan
pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe
berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi hidrokarbon. Dari hasil analisis
diperoleh rb 0,450 dengan besarnya kontribusi 20,24%. Simpulan pada penelitian ini adalah
penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI)
berbantuan web eXe berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi hidrokarbon
siswa kelas X.3 SMAN 1 Rembang-Purbalingga dengan kontribusi 20,24%.