Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional
Author
Shintia, Lailatul Nur Alifah
Subject
RJ Pediatrics
Datestamp
2020-12-23 06:28:12
Abstract :
Latar Belakang: Masalah kesehatan anak merupakan salah satu masalah utama
dalam bidang kesehatan yang saat ini terjadi di negara Indonesia. Anak sebagai
generasi penerus bangsa perlu diperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya.
Masa pra sekolah merupakan masa keemasan (golden age) dimana stimulasi
seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan
selanjutnya. Stimulasi merupakan rangsangan kemampuan dasar anak agar
tumbuh kembang pada anak berkembang secara optimal, setiap anak perlu
mendapatkan stimulasi secara rutin dan terus menerus. Orang tua memiliki peran
penting dalam optimalisasi perkembangan seorang anak dan orang tua harus
selalu memberikan stimulasi atau rangsangan kepada anak. Kurangnya stimulasi
dari orang tua dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan anak.
Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah
hubungan stimulasi terhadap kesesuaian tumbuh kembang anak usia pra sekolah.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
jenis penelitian kualitatif non interaktif atau bisa disebut penelitian analitis.
Terdapat kriteria inklusi yaitu jurnal yang membahas stimulasi dan perkembangan
anak usia pra sekolah (3-6 tahun) serta jurnal nasional dan international pada
tahun 2014-2020, jurnal yang menggunakan metode penelitian Randomized
Controlled Trial (RCT), Quasi exsperiment, dan meta analisa, serta jurnal yang
membahas motorik kasar (gross motor) anak dengan menggunakan alat
permainan edukatif. Sehingga dari populasi 136 jurnal setelah disesuaikan dengan
kriteria inklusi menjadi 4 jurnal yang diambil.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian dari 4 jurnal didapatkan hasil
bahwa seluruh jurnal yang dibahas memiliki hasil yang signifikan.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara stimulasi terhadap tumbuh kembang
anak usia pra sekolah.