Institusion
Universitas Islam Bandung
Author
Alfi Dwiyanuar, Akbar
Subject
Strategi Event Marketing,Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Jawa Barat ,Travel Exchange
Datestamp
2015-06-05 07:05:43
Abstract :
Pariwisata dewasa ini adalah sebuah mega bisnis. Jutaan orang
mengeluarkan triliunan dollar Amerika, meninggalkan rumah dan pekerjaan untuk
memuaskan atau membahagiakan diri (pleasure) untuk menghabiskan waktu
luang (leisure). Hal ini menjadi bagian penting dalam kehidupan dan gaya hidup
di negara-negara maju. Namun demikian memosisikan pariwisata sebagai bagian
esensial dalam kehidupan sehari-hari merupakan fenomena yang relatif baru.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang berada di Bandung
memahami bahwa potensi komoditi parawisata Jawa barat harus dipasarkan
dengan strategi pemasaran kreatif agar potensi pariwisata yang dimiliki oleh Jawa
Barat dapat mempersuasi target pasar untuk mengunjungi Jawa Barat. Karena itu
Dinas Pariwisata dan kebudayaan provinsi Jawa Barat memprakarsai event Jawa
Barat Travel Exchange.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi, dalam event Jawa Barat Travel Exchange Dinas
Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat yang dilakukan oleh Asosiasi Perusahaan
Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA). Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif dengan data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah mengggambarkan bagaimana proses
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi event marketing Jawa Barat travel
Exchange di mana kegiatan Jawa Barat Travel Exchange direncanakan
pelaksanaannya bekerjasama dengan pihak stake holder yang mengetahui dan
mengelola bidang travel di Jawa Barat.